Coronavirus Rontokkan Bursa Saham Dan Komoditi China, Rugi USD 370 M Dalam 1 Hari

0
53
In this Tuesday, Nov. 19, 2019 photo, a Chinese investor uses a smartphone as he monitor stock prices at a brokerage house in Beijing. Shares retreated in Asia on Wednesday after Japan reported its worst monthly decline in exports in three years. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

(Vibizmedia – Index) – Pasar saham dan komoditas China turun tajam pada hari Senin, di sesi perdagangan pertama setelah liburan Tahun Baru Imlek yang diperpanjang, karena investor membuang aset berisiko sebagai respons terhadap meningkatnya kekhawatiran tentang penyebaran virus baru di seluruh China.

Penurunan ini menghapus hampir $ 370 miliar kapitalisasi pasar dari indeks Shanghai Composite .SSEC, yang dibuka hampir 9% lebih rendah.

Suku bunga repo bank sentral China dipotong untuk mengurangi goncangan ekonomi, penasihat Bank sentral China secara tak terduga memotong tingkat repo terbalik untuk membantu ekonomi ketika virus menyebar
Minyak, bijih besi, tembaga, dan komoditas lunak yang diperdagangkan di Shanghai semuanya mencatat penurunan tajam.

Jumlah total kematian di China naik menjadi 361 pada hari Minggu, dan jumlah infeksi menjadi 17.205. Kematian telah mencapai 17 orang dan infeksi pada 600 orang ketika pasar China terakhir diperdagangkan pada 23 Januari.

Virus ini telah menciptakan alarm karena menyebar dengan cepat, banyak yang tidak diketahui, dan tanggapan drastis dari pihak berwenang kemungkinan akan menyeret pertumbuhan global.

Bank sentral China mengirim pesan kuat tentang niatnya untuk mendukung ekonomi, dengan suntikan dana yang lebih besar dari yang diharapkan ke pasar dan pemotongan 10 basis poin dalam repo regulernya.

Pasar telah menangkap pesan yang jelas bahwa pemerintah China ingin mengambil langkah-langkah yang mendukung pertumbuhan dan menjaga pasar diyakinkan. Terlihat bahwa level ETF China di pasar luar China mengalami penurunan sekitar 7% dan ini sudah diperkirakan dan tidak ada yang tahu seberapa buruk ini akan terjadi.

Beijing juga mengatakan akan membantu perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang vital supaya dapat melanjutkan pekerjaan sesegera mungkin, CCTV melaporkan. Pada pertengahan pagi, Shanghai Composite, yang telah menyentuh level terendah satu tahun secara singkat, adalah 8% lebih rendah pada 2.734,1, level terendah sejak Agustus.

Harga minyak mentah di bursa Shanghai ISCCv1, bijih besi di Dalian DCIOCv1 dan tembaga di Shanghai SCFCv1 semuanya turun dengan batas hariannya.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here