Jokowi Tinjau Penanaman Vetiver Pencegah Longsor

0
169

Perhatian dan keseriusan Jokowi mencegah bencana longsor di tanah air tampak dalam usahanya melihat langsung pelaksanaan pencegahan di daerah bencana.

Seperti yang dilakukannya hari ini, Senin (3/2/2020), dengan mengunjungi Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Desa ini merupakan salah satu lokasi banjir dan longsor terparah di Jawa Barat, dimana askes jalan dan jembatan terputus akibat longsor.

Jokowi perduli longsor
Warga desa Harkat Jaya mengungsi dari desanya yang longsor (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)
Jokowi Perduli Longsor
Menyusuri jalanan penuh lumpur karena longsor di desa Harkat Jaya (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

Ini adalah kunjungan yang kedua ke Sukajaya, Bogor, sejak terjadinya bencana longsor di awal Januari tahun ini. Namun baru kali ini Jokowi berhasil mengunjungi desa Harkat Jaya, sebelumnya ia tidak berhasil mengunjungi lantaran cuaca buruk sehingga helikopter kepresidenan tidak dapat mendarat.

Nampak juga beberapa menteri seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mendampinginya.

Jokowi mencegah longsor
Jokowi meninjau lahan penanaman vetiver di desa Harkat Jaya  (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)
Memperhatikan sungguh-sungguh proses penanaman vetiver (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

Tampak juga beberapa menteri seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mendampinginya.

Bersama rombongan Jokowi menyempatkan meninjau penanaman vetiver yang dilakukan di sekeliling lereng yang mengitari Desa Harkat Jaya.

Penanaman vetiver adalah salah satu usaha  pencegahan longsor yang dilakukan pemerintah. Panjang akar yang bisa mencapai 6 meter sanggup menahan tanah berlanskap miring sehingga mencegah longsor. Bagian akar juga bermanfaat memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur dan menyuburkan tanah. Vetiver  termasuk dalam famili poaceae, masih sekeluarga dengan sereh atau padi, adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tanaman ini  juga bisa digunakan untuk pakan ternak dan mengusir hama.

Kunjungan ke Harkat Jaya tidaklah lama dan dilanjutkan dengan mengunjugi Desa Pasir Madang  dimana  Jokowi langsung meninjau kebun pembibitan vetiver di sana. Secara simbolis Jokowi ikut menanam vetiver di kebun itu.

Memberi arahan di kebun pembibitan vetiver, desa Pasir Madang ( Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)
Jokowi perduli bencana longsor
Meninjau langsung kebun pembibitan vetiver di desa Pasir Madang (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

Keseriusan pemerintah menangani bencana longsor telah dibuktikan dengan penanaman vetiver yang dilakukan tanpa menunggu lebih lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here