Kopi Paduan Konsep Kekinian dan Tradisi Turki

0
113
Kopi Paduan Konsep Kekinian dan Tradisi Turki (Foto: Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Kopi menjadi salah satu minuman yang paling dicari saat ini. Saat-saat ngopi merupakan saat mengasyikkan di kala lelah dan memerlukan refreshing. Menjadi keseruan tersendiri jika bisa menyeruput kopi yang harum di tempat kopi yang enak.

Nah, salah satu café di Jakarta, Kopi Alumni, menawarkan kopi dengan cara penyajian yang unik. Café ini menggunakan konsep tradisional Turki saat menyiapkan kopi mereka.

Kopi Alumni, menawarkan kopi dengan cara penyajian yang unik.(Foto: Vibizmedia)

Penyajian yang dinamakan Turkish Sand Brew Method ini merupakan penyajian khas Turki yang telah digunakan sejak jaman dulu. Penyajian ini menggunakan teko khas Turki yang disebut ‘cezve’ atau ‘ibrik’. Teko berisi kopi diletakkan di atas pasir yang sudah dipanaskan dengan suhu 250 derajat Celcius di atas panci pemanas. Pasir panas berfungsi memanaskan kopi.

Konsepnya tidak berbeda dengan “slow cooking method”, metode memasak secara perlahan dimana tujuannya adalah menghasilkan panas yang konstan sehingga rasa kopi akan lebih kuat dan sedap.

Kopi Turki sendiri pertama ditemukan pada jaman Kekaisaran Ottoman, di abad 13 dan 14. Dahulu kopi Turki dianggap sama seperti obat terlarang sehingga dilarang secara hukum sampai pada akhirnya Sultan melegalkannya.

Kopi Paduan Konsep Kekinian dan Tradisi Turki (Foto: Vibizmedia)

Secara tradisional kopi Turki diseduh menggunakan penggorengan yang diisi pasir dan dipanasi di atas api. Penggorengan berisi pasir menghasilkan panas yang menyeluruh sehingga teko ataupun cangkir yang ditaruh di atasnya akan tetap hangat. Panas yang digunakan untuk menyeduh kopi disesuaikan dengan kedalaman saat diletakkan di dalam pasir panas. Pasir menciptakan panas yang maksimal sehingga buih kopi akan muncul di permukaan dengan cepat. Teko cezve ini diangkat dan diletakkan tiga hingga empat kali di dalam pasir dan disajikan. Bubuk kopi dengan cepat turun di dasar gelas menghasilkan kopi yang kental dan harum. Cara ini menjadi cara paling otentik untuk memperoleh kopi ala Turki.

Dengan menggunakan metode pemanasan menggunakan pasir ini maka akan beroleh rasa terbaik dari seduhan kopi yang disajikan. Mulai dari keharuman wangi kopinya tercium dengan sedap, hingga rasa kopi nya sungguh mantap.

Proses menyeduh kopi Turki (Foto: Vibizmedia)

Tentulah jika kamu ingin menikmati rasa espresso yang mantap, baik disajikan secara panas atau dingin, silahkan mencicipi Kopi Alumni. Melalui cara tradisional Turki yang digunakan ini kamu akan beroleh cita rasa kopi yang terbaik. Boleh dicoba ya gaes….

Photo: Ria Felissa/Kontributor Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here