Bursa Eropa Mencoba Bergerak Naik Ditengah Ancaman Dari China

0
68

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa naik pada hari Selasa, mengikuti sedikit pemulihan di ekuitas China, sementara saham sumber daya alam dan pertambangan menguat setelah penambang kelas berat Glencore mempertahankan prospek produksi tahun 2020.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 1% pada pukul 09:00 GMT, bergerak naik sedikit pada hari Senin setelah mencatat minggu terburuk dalam enam bulan.

Pasar saham China memimpin pemulihan di kawasan Asia, meskipun dengan lebih dari 400 orang tewas dan beberapa larangan bepergian di China, berita utama tentang wabah coronavirus diperkirakan akan mempengaruhi pasar dalam waktu dekat.

Sektor sumber daya dasar, yang terdiri dari beberapa penambang yang berfokus pada Tiongkok, adalah yang berkinerja terbaik di antara subindeks regional Eropa, mengincar hari terbaiknya dalam tiga bulan. Harga saham Glencore Plc naik 4,7% setelah penambang mempertahankan target produksi 2020-nya.

Sektor sumber daya dasar dijual sangat banyak selama seminggu terakhir dan menyentuh level terendah tiga bulan pada hari Senin, ditengah kekhawatiran melambatnya permintaan China juga menurunkan harga komoditas.

Stok minyak dan gas, yang juga telah banyak dijual selama sepekan terakhir, melonjak 1,5%. British Petroleum Plc yang terdaftar di London adalah di antara saham-saham yang mendorong sektor pertambangan, menambahkan hampir 4% setelah menaikkan dividen dan melaporkan laba kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan.

Produsen peralatan medis Denmark, Ambu melonjak ke puncak setelah melaporkan pendapatan kuartalan yang lebih baik dari perkiraan. Saham Jerman naik sekitar 1% setelah data pada hari Senin menunjukkan beberapa pemulihan di sektor manufaktur yang terkepung. Namun, perlambatan ekonomi di Tiongkok cenderung menambah tekanan.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here