Surga Kecil Memukau: Telaga Nirwana di Pulau Rote

0
333

Indonesia adalah negara yang amat indah.  Tidak heran disebut Zamrud Khatulistiwa karena ada amat banyak tempat indah di negara ini.

Kali ini mari menengok salah satu tempat di sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang ternyata amat  indah.  Tidak hanya terkenal dengan Pulau Komodo, tapi kali ini mari datangi pantai indah yang berada kurang lebih 200 meter dari bibir pantai Buedale, tepatnya terletak di Dusun Kotalai, Desa pantai Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

Telaga Nirwana Pulau Rote
Telaga Nirwana, surga kecil yang tak terlupakan (Foto:Ida Nenogasu)

Pantai ini disebut Telaga Nirwana oleh masyarakat karena sedemikian indahnya bagaikan surga kecil yang begitu menawan.  Tidak heran jika dinamai Blue Lagoon oleh para turis.

Telaga Nirwana Pulau Rote
Blue Lagoon yang begitu bening, tenang dan sangat alami (Foto: Ida Nenogasu)

Pantai ini semakin nampak eksotik karena berwarna kehijauan dengan pasirnya yang putih. Airnya begitu bening hingga terlihat sampai ke dasar, sungguh teramat indah. Tidak hanya itu, Telaga Nirwana juga merupakan perairan yang tenang dan cukup aman untuk berenang. Bayangkan bisa berenang di tempat yang tenang dan private, tentu membuat tidak terlupakan.

Telaga Nirwana Pulau Rote
Biru kehijauan, teduh dan amat cantik (Foto: Ida Nenogasu)
Telaga Nirwana Pulau Rote
Kecantikan Telaga Nirwana sungguh mempesona (Foto: Ida Nenogasu)

Selain itu deretan pepohonan yang tumbuh dengan rindang di tepian menambah suasana eksotis pantai ini. Pantai ini juga seperti pulau kecil yang terpisah dan tersembunyi.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah mengitari perairan indah ini dengan menggunakan kano atau kayak, atau standup paddle melewati hutan mangrove dan akhirnya bermuara di Telaga Nirwana.  Bahkan bisa juga menyewa kapal nelayan mengelilingi pantai dengan biaya sekitar 150 hingga 200 ribu.

Telaga Nirwana Pulau Rote
Dasar Telaga NIrwana nampak jelas terlihat karena begitu bening, rasakan sensasinya saat berkeliling dengan kayak (Foto: Ida Nenogasu)

Nah, untuk bisa sampai ke Blue Lagoon bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta-Kupang atau dari Bali-Kupang terlebih dahulu. Setelah tiba di Kupang ada dua alternatif yang bisa dipilih untuk sampai ke pulau Rote. Pertama, bisa menggunakan pesawat selama 20 menit dengan jadwal keberangkatan pagi hari jam 6.30 atau sore hari jam 15.15. Kedua, bisa menggunakan Ferry cepat selama 2 jam perjalanan dengan jadwal keberangkatan Kupang-Rote jam 8.30, khusus hari Selasa dan Minggu hanya ada 1 x jadwal keberangkatan.

Setelah tiba di Rote, baik di pelabuhan atau Airport, kita bisa menggunakan jasa rental mobil untuk diantar ke tempat tujuan. Sampai ke Telaga Nirwana memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Sepertinya tidak mudah ya mencapainya, tapi dengan menikmati indahnya dan memukaunya “surga” Blue Lagoon ini  pastilah jerih lelah yang dirasakan tidak ada lagi artinya.

Telaga Nirwana Pulau Rote
Jangan lewatkan berperahu atau menggunakan kayak mengelilingi Telaga Nirwana (Foto:Ida Nenogasu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here