Coworking Space, Trend Tempat Kerja Milenial Merintis Usaha

0
735

Seiring dengan meningkatnya milenial yang pengen jadi entrepreneur, Coworking Space pun kini menjamur dimana-mana, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Daripada mulai usaha bingung gak ada tempat, lebih baik ke Coworking Space. Coworking Space yang ada kini menggadang konsep minimalis modern, dimana desain interiornya disesuaikan dengan selera milenial masa kini. Dijamin bisa bikin betah walau minimalis.

Ada banyak coworking space, namun rata-rata memiliki standar konsep yang sama. Begitu kamu masuk ke coworking space selalu pasti ada lobby untuk menerima pengunjung atau member dan untuk duduk-duduk sekedar ngobrol.Setelah itu kamu akan menemui meja-meja yang didesain untuk bekerja dengan laptop. Kamu bisa sewa mejanya dengan harga sewa harian, bulanan atau bahkan tahunan dengan sistem membership. Beberapa tempat malah menyediakan komputernya sehingga kamu gak usah bawa laptop lagi lho, tinggal menyewanya bahkan bisa menjadi dedicated computer buat kamu. Dan lagi bisa punya banyak temen dan punya komunitas lho. Mana tahu ketemu teman baru yang bisa jadi partner bisnis?

Biaya menggunakan meja kerja bersama juga cenderung murah. Mulai dari Rp. 50.000 ribu ke atas, berbeda-beda di setiap coworking space. Buat kamu yang suka ngopi, jangan kuatir, harga sudah termasuk minum kopi free flow. Apalagi air putih, dijamin selalu tersedia. Gak akan kehausan deh. Internetnya? Ini kan yang paling kamu butuhkan? Wow… lancar man… Rata-rata menggunakan fiber optik bandwith kecepatan tinggi. Mantap bukan?

Jika bisnismu sudah semakin berkembang dan teammu bertambah, kamu bisa putuskan untuk menyewa dedicated office, ruangan kerja untuk usahamu khusus. Kamu bisa pilih mau yang berapa meja. Ada coworking space yang menyediakan mulai dari dua meja, empat meja dan seterusnya. Kamu gak usah pusing bersih-bersih sapu pel karena rata-rata menyediakan cleaning service untuk office kecilmu. Walaupun memang, ada juga yang tidak menyediakan jasa bersih-bersih dan itu harus dikerjakan oleh penyewa sendiri.

Jika mau ketemu dengan client, meetingpun maka tidak sulit. Ruang meeting berbagai ukuran biasanya tersedia di tempat-tempat seperti ini. Mau meeting dengan empat, enam atau bahkan hingga 40 orang biasanya bisa diakomodir. Harganya pun terjangkau, mulai dari kisaran 150.000 rupiah per jam tergantung kestrategisan lokasi, fasilitas dan brand. Ada coworking space yang sudah memasukkan paket pemakaian ruang meeting misal sekali dalam sebulan dalam biaya langganan bulanannya. Ada juga yang terpisah dan pastinya siapa cepat dia dapat karena berdasarkan bookingan.

Beberapa coworking space juga menyediakan fasilitas khusus yang bakal mendukung bisnis kamu, seperti membuat domisili, surat ijin usaha, pengiriman barang dan lainnya. Bahkan juga sering ada event yang membekali kamu dengan wawasan terkini untuk usahamu. Event ini juga sering diadakan oleh Venture Capitals yang menyewa tempat di Coworking Space, yang manatahu akan tertarik membiayai usahamu.

Pengalaman saya pergi salah satu Coworking Space yang ada di Jakarta cukup menyenangkan. Tempatnya ada viewnya, bisa memandang laut dan bila keluar ke teras dapat merasakan langsung terpaan angin laut yang sepoi-sepoi. Seandainya saja sedang letih setelah bergulat dengan komputer seharian maka keluar dulu sebentar, duduk di ayunan hingga tertidur pulas barang 30 menit dan bangun lagi untuk bekerja lagi. Ambiens ruangan yang dibuat nyaman memang jadi serasa bekerja di rumah sendiri. Ada juga tempat yang lebih bernuansa kantoran, namun tetap menggadang kenyamanan bekerja. Bakalan betah deh.

Jadi apa saja nih kelebihannya bekerja di Coworking Space?

  1. Harga terjangkau buat memulai usaha
  2. Tidak ribet urusan bersih-bersih
  3. Minuman terjamin, gak dehidrasi deh
  4. Bisa meeting di tempat, tinggal dibooking aja.
  5. Ketemu komunitas yang pas dan bahkan ketemu partner bisnis
  6. Ikutan event-event keren, dapat wawasan baru yang menambah bekal untuk bisnis tambah lancar
  7. Fasilitas lainnya sesuai masing-masing coworking space

Nah gimana? Tertarik menjadikan Coworking Space tempat kerjamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here