Danau Moaat: Keajaiban Alam Nan Cantik Dari Sulawesi Utara

0
153
Danau Moaat di kala senja, tenang dan nampak eksotik (Foto: Hanny/Vibizmedia)

Mengenali keindahan Indonesia selalu membuat terkagum-kagum. Kali ini mari berkunjung ke pulau Sulawesi. Mungkin yang paling terkenal dari Sulawesi adalah Taman Laut Nasional Bunaken nya. Tapi ternyata Sulawesi menyimpan banyak tempat-tempat indah  lainnya.

Salah satunya adalah sebuah danau unik, sebuah keajaiban alam karena terletak di atas gunung. Danau ini merupakan danau vulkanik karena terbentuk dari bekas kawah gunung.  Terletak di Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang di ketinggian 1.100 mdpl dengan luas danau sekitar 617 ha, danau cantik ini bernama Danau Moat. Tepatnya terletak di Moat, Modayag, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Nama danau diambil dari bahasa Mongondow, Mo’oat, yang artinya “tanah yang timbul di tengah air”.

Tenang dan indah, memberikan hiburan dan kenikmatan tersendiri (Foto: Hanny/Vibizmedia)

Danau ini sebenarnya juga memiliki fungsi sebagai sumber air bagi area pertanian di sekitar danau, juga sebagai PLTA Poigar PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Berada di daerah pegunungan dengan curah hujan yang cukup tinggi, maka tidak heran jika daerah sekitar danau adalah area pertanian dan sayuran yang subur.

Danau ini menjadi tujuan wisata masyarakat di akhir pekan. Ketenangan dan keindahan danau yang dikelilingi suasana pegunungan yang sejuk menyuguhkan kenikmatan dan ketenangan tersendiri.

Selain itu ada beberapa jenis ikan air tawar hidup di Danau Moat, seperti ikan sidat (ikan sogili), ikan nilam dan ikan mas. Ikan sidat (sogili), bentuknya seperti belut dengan warna putih kekuninan di dadanya, adalah ikan langka dan dilindungi karena terancam punah. Disediakan juga perahu untuk disewa jika ingin memancing. Tapi tentu jika mendapat ikan sidat maka diminta untuk dilepaskan kembali.

Keunikan dan keindahan danau ini sungguh menjadi keindahan langka yang dapat dinikmati di tengah pegunungan yang segar.

Kesejukan dan rindangnya pohon memberikan hiburan saat menikmati ketenangan dan keindahan danau (Foto: Hanny/Vibizmedia)

Mencapai Danau Mooat adalah memulai dari Kota Kotamobagu. Ada angkutan umum menuju ke Danau dari Kotamobagu, tetapi armadanya tidak terlampau banyak. Jadi  sebaiknya menggunakan kendaran pribadi atau jasa tour.

Kotamobagu sendiri dapat dijangkau dari Manado dengan angkutan umum sekitar 3-4 jam waktu tempuh melalui jalur Trans Sulawesi ke arah Gorontalo.  Sesampai di Kotamobagu masih butuh kurang lebih satu jam perjalanan dengan jarak sekitar 17 km. Perjalanan naik ke gunung, melintasi jalanan yang sepi, di kiri kanan adalah perkampungan dengan berbagai perkebunan yang hijau. Di kejauhan nampak pemandangan indah dari pegunungan. Dari Kotamobagu perjalanan menuju Danau Mooat mengambil arah Modayag.

Setiap hari libur biasanya danau dipenuhi dengan masyarakat dari berbagai tempat. Biasanya sudah membawa bekal makanan dan siap berpiknik di sana. Bersantai bersama keluarga ataupun sahabat, menikmati indahnya danau dan kesejukan udaranya. Yuk, jalan-jalan ke Sulawesi Utara….

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here