Bursa Eropa Merosot Kekhawatiran Dampak Ekonomi Wabah Corono Meningkat

0
43
sumber gambar : teller report

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa merosot pada hari Senin karena kekhawatiran atas dampak ekonomi dari wabah coronavirus membebani sentimen, dengan saham di Irlandia memimpin penurunan setelah pemilihan umum di negara itu.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa turun 0,3% pada pukul 09:05 GMT, setelah menandai minggu terbaiknya dalam tiga bulan sebagai bagian dari rebound yang lebih luas dari aksi jual yang didorong oleh wabah virus.

Saham di Irlandia .ISEQ turun lebih dari 1% setelah nasionalis Irlandia Sinn Fein memperoleh hampir seperempat suara pilihan pertama dalam pemilihan umum. Saham-saham bank merupakan bobot terbesar pada indeks Irlandia.

Sementara bisnis China kembali bekerja setelah liburan panjang, dengan pihak berwenang mengangkat beberapa pembatasan terkait virus, lonjakan dalam jumlah kematian menjadi lebih dari 900 membuat sentimen keseluruhan gelisah.

Sektor perjalanan dan liburan Eropa adalah dekliner terbesar di antara sektor-sektor regional. Operator hotel Whitbread (WTB.L) jatuh paling dalam di sektor ini karena wabah virus mengancam akan mengikis permintaan dari wisatawan asal Tiongkok.

Stok minyak dan gas Eropa .SXEP turun karena kekhawatiran atas permintaan China terus memangkas harga minyak.

Bursa saham di Jerman .GDAXI, ekonomi terbesar di Eropa, turun 0,2% di tengah melemahnya saham teknologi informasi.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here