Akhir Februari Ini, Presiden Jokowi: Belanja Modal K/L Segera Dibelanjakan

0
223
Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 11 Februari 2020. FOTO: VIBIZMEDIA.COM|MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Bogor) Ditengah merebaknya virus korona yang berdampak pada kondisi perekonomian global, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk segera membelanjakan anggaran yang telah dialokasikan untuk pos masing-masing.

“Saya ingatkan, sebelum akhir Februari, belanja anggaran segera direalisasikan secepatnya di semua kementerian/lembaga, terutama belanja modal,” tegas Jokowi dalam pengantar sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 11 Februari 2020.

Presiden juga meminta agar dana desa langsung direalisasikan supaya daya beli dan konsumsi tidak terganggu.

Pemerintah, menurutnya masih perlu menghitung dampak Virus korona terhadap ekonomi dalam negeri. Jokowi mengaku belum bisa menyampaikan secara spesifik berapa persen pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia.

“Berapa persen nanti ada imbas ke pertumbuhan ekonomi kita, itu yang belum bisa dikalkulasi. Ini kan masih dalam proses perjalanan semuanya, jadi menghitungnya negara manapun juga sulit,” ungkapnya.

Ia meminta menterinya mengkalkulasi dengan cermat dampak penyebaran virus corona terhadap perekonomian Indonesia.

“Dikalkulasi secara cermat dampak dari kebijakan ini bagi perekonomian kita, baik dari sektor perdagangan investasi dan pariwisata,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here