Indahnya Pantai Balekambang di Jawa Timur

1
565
Tulisan Taman Balekambang menyambut kedatangan pengunjung yang datang ke pantai Balekambang (Foto: Sudaryono)

(Vibizmedia – Lensa) Keindahan pantai Tanah Lot ternyata ada lho.. di sebuah pantai di wilayah pulau Jawa, tepatnya di Malang, salah satu  kota besar di Jawa Timur. Mari kita menuju Pantai Balekambang, bertempat di Jalan Balekambang, Balaikambang, Srigonco, Bantur, Malang.

Suasana tanah Lot begitu terasa di pantai yang berada sekitar 60 km dari selatan pusat kota Malang ini. Lanskap dan topografinya menyerupai tanah Lot, bahkan dapat ditemukan juga bangunan yang sama seperti di pulau Bali. Tidak heran, rupanya pengelola pantai memang berasal dari Bali.

Suasana Bali di Pantai Bale Kambang (Foto: Wiempy, Malang Tour, FB Pantai Bale Kambang)

Kesan pertama mengunjungi pantai ini adalah suasananya yang sarat  dengan nuansa Bali. Dengan lanskap dan topografi menyerupai Tanah Lot Bali. Dan ternyata pengelola pantai ini  juga berasal dari Bali. Tidak heran  didesain begitu mirip dengan pantai Tanah Lot Bali.

Sering dijuluki “Tanah Lot-nya Jawa Timur”, kecantikan pantai sungguh tidak kalah dengan pantai di pulau Bali. Tidak heran Pantai Balekambang mulai dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan.

Hamparan pasir putih dan birunya air laut di pantai Balekambang sungguh indahnya (Foto: Sudaryono/Kontributor)

Kita akan langsung disuguhi pemandangan indah dari pasir putih yang cantik dan luas. Ombak  memang relatif cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tapi mendengarkan suara ombak berdebur kencang menjadi kenikmatan tersendiri.

Ada jembatan yang dapat dilalui untuk menuju beberapa daratan seperti pulau kecil. Bisa dijadikan tempat berfoto dan tentunya bisa langsung update status di Instagram.

Bermain flying fox di Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur (Foto: Sudaryono/Kontributor)

Kalau mau bermain-main maka  disediakan flying fox yang menghubungkan salah satu puri di daratan kecil menuju ke pantai. Jelas seru sekali saat meluncur sampai ke pantai.

Jangan takut kekurangan fasilitas di pantai ini. Tersedia toilet umum yang bersih dan dapat digunakan untuk membilas badan setelah bermain di laut. Selain itu ada  rumah makan dengan berbagai pilihan menu seperti  aneka seafood dan menu lainnya. Bahkan tersedia berbagai toko souvenir untuk membeli  oleh-oleh dan  kenang-kenangan. Ada juga area tempat parkir yang luas, area perkemahan, pendopo, kantor informasi, dan bungalow.

Sebuah jembatan menghubungkan pantai Balekambang ke pulau kecil di sekitarnya (Foto: Sudaryono/Kontributor)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here