Momen Makan Liwetan: Kebersamaan Yang Seru

0
182
Makan bersama dalam satu piring, gaya hidup orang Indonesia yang masih mengutamakan kekeluargaan (Foto: Hanny/Vibizmedia)

Apa kelebihan orang Indonesia? Yang jelas kehangatan dan keramahannya selalu dikenal orang. Tapi ada juga lho yang jadi kebiasaan khas orang Indonesia, yaitu doyan kumpul-kumpul. Kumpul  bersama keluarga atau saudara merupakan hal yang menjadi bagian dari kehidupan orang Indonesia. Memiliki komunitas yang merupakan sahabat dan kerabat dekat sudah jadi gaya hidup orang Indonesia.

Tidak terhitung yang namanya berbagai kumpulan yang ada.  Ada kumpulan teman satu sekolah, teman satu departemen, teman satu suku, teman satu kampung, bahkan teman saat masa kecil juga ada kumpulannya. Apalagi sekarang ada WhatsApp Group, bisa berkembang lebih banyak lagi kumpulan yang dibentuk.

Memang kehangatan bersama sahabat dekat tidak mudah dilupakan. Nah, kumpulan ini ngapain saja sih kalau lagi sama-sama? Bisa diduga, ngobrol-ngobrol seru sambil makan bersama.

Di sini nih… letak keseruan kumpul-kumpul. Apalagi sekarang sudah mulai menjadi trend acara makan bersama yang biasa disebut “makan liwetan”. Seru sekali karena makan bersama  di satu tempat makan seperti  daun pisang atau bahkan tampah.

Makan bersama menggunakan daun pisang (Foto: My Kitchen, Wina Rezha, IG @winarheza)

Nah, kalau  kita biasa dengan istilah “sepiring berdua,” maka sekarang jadi lebih seru dan akrab karena menjadi “sepiring berlima” atau malah “sepiring bersepuluh” karena piringnya sudah diganti tampah atau daun pisang. Tidak hanya itu, konsep makan bersama ini tidak perlu menggunakan sendok jadi pakailah tangan kita untuk langsung menyendok nasi dan lauknya. Tentu akan menambah serunya makan bersama dengan tangan  langsung.

Menu khas liwetan biasanya sangat identik dengan masakan khas Jawa, yaitu nasi dengan berbagai menu lezat seperti misalnya orek tempe, ayam goreng bumbu kuning, sambel goreng hati, dadar telur iris, teri kacang, sayur urap, timun iris, sambel dan kerupuk.  Wow jelas enak sekali nih.

Jangan pusing kalau tidak  punya waktu menyiapkan menu makan liwetan. Karena saat ini banyak jasa catering siap menyediakan makan liwetan yang komplit. Termasuk juga cukup banyak restoran yang menyiapkan makan liwetan.

Berbagai jasa catering menawarkan pesanan nasi liwetan bagi keluarga, kantor hingga perkumpulan lainnya (Foto: My Kitchen, Wina Rheza, IG @winarheza)

Sebenarnya konsep dasarnya adalah kebersamaan, jadi kita pun bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Menu bisa beragam terserah kita saja, tidak terpatok dengan menu masakan Jawa.  Bahkan yang sederhana saja tidak harus mewah dan lengkap. Yang penting bisa makan bersama dengan senang bersama orang-orang terdekat.

Kebersamaan adalah momen yang amat berharga. Jika masih memiliki kesempatan berkumpul dengan sahabat ataupun keluarga maka jangan sampai kita lewatkan. Liwetan yuk….

Kegembiraan makan “satu nampan berempat”, kehangatan yang tak tergantikan (Foto: Hanny/Vibizmedia)
Makan liwetan di rumah bersama keluarga dan sahabat (Foto: My Kitchen, Wina Rheza, IG @whinareza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here