Tugas Pramuka Membina Karakter Generasi Muda

0
67

(Vibizmedia – Jakarta) Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin siang ini, selasa (18/02/2020) menerima kunjungan Komjen Pol (purn) Budi Waseso sebagai Ketua Kwatir Nasional Gerakan Pramuka beserta rombongan. Dalam pertemuan ini Budi Waseso mengatakan “tugas pramuka adalah membina karakter generasi muda yang akan datang”.

Selain itu program pramuka melalui keputusan Presiden, bahwa seluruh kementerian dan lembaga mempunyai kewajiban untuk membina pramuka sebagai anggota wabinas. Anggota wabinas itu adalah Kepala Menteri dan Lembaga, termasuk Kapolri dan Panglima TNI sehingga mereka mempunyai kewajiban untuk membina pramuka sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Anggaran pramuka saat ini berada dibawah Kemenpora, nilainya pun tidak besar, yakni hanya Rp 6 miliar untuk tahun ini. Padahal, Pramuka membutuhkan anggaran sebesar Rp 96 miliar untuk dapat mengakomodasi seluruh kegiatannya. Antara lain untuk tahun ini kegiatan yang akan dilaksanakan adalah rapat kerja nasional (rakernas) dan jambore nasional tahun 2021.

Untuk menarik minat kembali kegiatan pramuka di sekolah-sekolah, Kwarnas akan mensosialisasikan kegiatan pramuka, karena selama ini terkendala di sosialisasi yang kurang sehingga anak-anak SD dan SMP tidak tahu pramuka yang sebenarnya seperti apa. Sehingga kita sudah buat program itu, melalui media sosial dan website nya pramuka supaya mereka tahu betul kegiatan pramuka itu apa saja, sehingga itu akan membangun daya tarik minat generasi yang akan datang terutama anak SD dan SMP.

 Data yang ada bahwa anggota pramuka yang ada di seluruh Indonesia ada 25 juta anggota dari jumlah yang ada diseluruh dunia ada 55 juta anggota, sehingga di Indonesia ini potensi pramuka sangat besar.

Foto : Herwantoro / Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here