Apakah Menggunakan Masker Melindungi Anda Dari Virus Corona?

0
55
Mengenakan masker untuk melindungi dari penularan virus (Foto: Michael Amadeus/Unsplash?

(Vibizmedia – Health) Saat ini semakin besar kekuatiran terkena corona virus COVID-19,  sehingga banyak orang berusaha memikirkan cara-cara terbaik untuk melindungi diri dari infeksi.

Ada 2 pertanyaan besar yang sering ditanyakan:

Apakah mengenakan masker akan menjaga kita tetap aman? Jika ya, masker yang seperti apakah yang perlu digunakan?

Seperti dilansir dari medscape.com para peneliti masih terus berusaha menemukan cara-cara bagaimana agar virus ini tidak menyebar. Tapi sementara ini nasehat terbaik dari CDC adalah berikut ini:

  1. Cucilah tangan Anda dengan hati-hati secara teratur sepanjang hari
  2. Hindari memegang mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.
  3. Hindari kontak dengan mereka yang sedang sakit.

Saran ini akan menolong melindungi Anda dari terkena berbagai infeksi, termasuk corona virus Covid-19.

Masker  memang mengambil peranan penting untuk pencegahan terinfeksi, tetapi peranan ini terbatas di tengah situasi dunia yang sesungguhnya.

Meski mengenakan masker berperan penting tapi peranan ini terbatas di tengah situasi dunia yang sesungguhnya. (Foto: Tam Wai/Unsplash)

Ada bukti yang menyatakan bahwa menggunakan masker akan melindungi anda dari tertular virus dari tangan Anda ke mulut Anda, bisa jadi karena Anda akan lebih memperhatikan agar TIDAK memegang wajah Anda saat menggunakannya. Anda juga mendapat perlindungan tidak terkena ‘percikan atau tetesan’ jika ada yang bersin atau batuk di sekeliling Anda.

Perhatian terbesar dari para dokter yang menyarankan untuk menggunakan masker adalah perasaan aman yang salah saat mengenakannya.  Ada banyak alasan mengalapa masker tidak ideal. Misalnya, sangatlah sulit untuk menemukan masker yang dengan sempurna dapat menutup hidung dan mulut dalam jangka waktu lama. Tepat di menit  Anda menggaruk hidung ataupun menyentuh mulut Anda  di balik masker, Anda telah kehilangan perlindungan dari masker seperti yang seharunya.

Dalam persiapan medis, ada beberapa panduan spesifik mengenai kapan mengenakan masker dan perlindungan seperti apa, semua tergantung dari jenis infeksi yang dimiliki pasien.

Kewaspadaan Penularan Lewat Partikel Air Kecil (Droplet)  : Gunakan masker bedah segi empat untuk infeksi yang ditebarkan oleh partikel yang besar jika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Penularan seperti flu, batuk keras, dan beberapa jenis bakteri meningitis masuk dalam kategori ini. Baik orang yang tertular ataupun yang membawa bakteri haruslah sama-sama mengenakan masker. Sangatlah penting untuk para pekerja sosial membuang masker setelah interaksi dan menggunakan yang baru setiap kali ada dalam interaksi yang dekat dengan pasien terinfeksi.

Kewaspadaan Penularan Melalui Udara : Beberapa infeksi pada paru-paru atau tenggorokan disebarkan ketika partikel-partikel bakteri tetap ada di udara dan dihembuskan oleh orang lain. Virus Cov-2019, cacar, cacar air dan tuberkulosis masuk dalam kategori ini. Dalam semua kasus, pasien yang terinfeksi harus mengenakan masker. Dan semua orang yang ada dalam kontak dekat dengan mereka harus menggunakan masker respirator jenis  N95, yaitu masker yang didesain memiliki filter udara untuk melindungi dari partikel kecil di udara. Masker ini menutup wajah dengan rapat dan biasanya bentuknya bundar.

Sementara para peneliti terus mempelajari bagaimana penularan virus corona ini, saran menggunakan masker lebih fokus pada mereka yang terinfeksi atau yang beresiko terinfeksi. Mereka yang terinfeksi atau dalam resiko tinggi terkena perlu mengenakan masker bedah. Siapapun yang merawat orang yang terinfeksi dalam persiapan medis perlu menggunakan masker respirator sebagai pencegahan tertular melalui udara.

Bagi kita semua, untuk perlindungan terbaikmencuci tangan, menghindari orang yang sakit, dan tidak menyentuh muka kita dengan tangan yang belum dicuci – juga menolong mencegah pilek dan flu.

Jika Anda memilih mengenakan masker bedah, pastikan Anda mendapatkan yang menutup rapat mulut dan hidung Anda. Dengan teratur buanglah masker  dan gunakan yang baru setiap kali seseorang batuk atau bersin di sekeliling Anda menyebarkannya. Selain itu sangat penting untuk membagikan catatan perjalanan Anda dengan dokter dan segera minta pertolongan medis jika mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here