Teruskan Penelusuran, Waspadai Muncul Sub Cluster Penyebaran Baru

0
634
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona, Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers di kantor Kepresidenan, 06/03/2020 (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

(Vibizmedia-Nasional) Achmad Yurianto menyebutkan juga bahwa pada sampai tadi malam telah  diterima 227 spesimen yang dikirim dari 61 RS di 25 propinsi di seluruh Indonesia. Ini adalah kasus-kasus pasien dengan pengawasan. Di dalamnya sudah termasuk kasus  1 dan kasus 2 yang terindikasi positif virus Corona dan sudah dirawat di Rumah Sakit. Ia juga meneruskan bahwa ada 13 suspect yang sudah  dalam kondisi diisolasi di RS. Sedangkan untuk yang lainnya hasilnya negatif.

Ia juga menyebutkan kemungkinan munculnya sub-cluster dari kontak penelusuran yang terus dikembangkan, seperti misalnya dari cluster Jakarta dinyatakan sangat mungkin muncul sub cluster. Karena ke 4 orang suspect di Jakarta ada dalam kelompok yang berbeda. Untuk itu sangat diharapkan untuk mendapatkan semuanya. Terlebih sudah ada orang yang menghubungi, yang adalah bagian dari cluster dan juga bagian dari sub cluster karena mereka memiliki kesadaran dan kekuatiran.  Mereka yang menghubungi sudah membuat janji untuk dilakukan pemeriksaan. Walaupun jika ditanya secara sepintas maka tidak menyebutkan ada keluhan. Namun tetap akan di-explore segala kemungkinan yang ada.

Ia menambahkan bahwa untuk tracing (penelusuran) kasus cluster Bali  berawal dari masuknya Warga negara Jepang sebagai turis di tanggal 15-19 Februari. Setelah kembali ke Jepang ternyata pada tanggal 22 Februari dirawat karena positif Covid-19. Maka dilakukan   tracing dari awal dia bermalam di hotelnya, kemudian mobil yang dicarter, termasuk mereka  yang memberikan layanan room service, seluruhnya ada 11  orang. Keseluruhan dari pemeriksaan virusnya negatif,  namun terus dilakukan pemantauan untuk 11 hari ke depan oleh Dinkes Provinsi Bali. Sampai saat ini tidak ada laporan masalah kesehatan atas mereka dan diharapkan   cukup baik sampai observasi selesai.

Selanjutnya untuk cluster Jakarta, saat ini sudah berhasil ditelusuri 25 orang, dan masih akan dikembangkan terus.  Tetapi untuk ke 25 orang ini tidak seluruhnya dilakukan pemeriksaan virus karena tidak seluruhnya kontak dekat. Hanya  saja berada di event yang sama. Namun yang benar-benar kontak dekat dilakukan pemeriksaan dan saat ini sedang diobservasi di RS adalah 4 orang yang diduga kuat suspect positif.

Hasil pemeriksaan Lab diharapkan selesai sore ini karena sudah diambil spesimennya, bersamaan dengan hasil Lab untuk kasus  1 dan kasus 2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here