Tracing Terus Dilakukan, Waspada Komunitas dan Hati-Hati

0
826
Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto memberikan keterangan Pers (11/03/2020) ( Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

(Vibizmedia- Nasional) Dalam konferensi pers siang ini  Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa saat ini tracing (penelusuran) terus dijalankan.

Ia menambahkan bahwa dari hasil tracing ditemukan  beberapa PDP (Pasien Dalam Pengawasan) baru  dan sudah dikirimkan spesimennya ke Laboratorium untuk diperiksa. Diharapkan hasilnya keluar  setidaknya untuk pemeriksaan pertama.

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa PDP  yang sudah dilakukan observasi dalam beberapa hari terakhir dan setelah beberapa kali  pemeriksaan ternyata hasilnya tetap negatif, juga tidak ada keluhan, maka lebih dari 20 orang telah dipulangkan dari seluruh RS di seluruh Indonesia.  Mereka diminta tetap melaksanakan self isolated. Selain itu mereka tetap dalam pantauan dinas kesehatan setempat. Sampai tadi pagi sejumlah 736 spesimen yang telah diperiksa.

Untuk 27 kasus yang ada, tracing nya masih terus dilaksanakan, tetapi kontak dekatnya dipastikan beberapa kali diperiksa dan hasilnya negatif.

Ia menjelaskan bahwa beberapa kendala dalam  tracing adalah sering kali pasien yang jelas-jelas positif tidak mampu mengingat dengan baik dalam 14 hari terakhir bertemu siapa dan di mana. Itu yang menjadi tantangan petugas.

Tetapi yang paling penting adalah memberdayakan masyarakat di sekitarnya dan mengedukasi semaksimal mungkin agar masyarakat tetap dapat merespon dengan sikap hati-hati tetapi tidak panik.

Kewaspadaan yang berkali-kali disampaikan adalah kewaspadaan komunitas. Komunitas diajak bekerja sama mewaspadai pemasalahan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here