Wakil Presiden Ma’ruf Amin : Indonesia Tidak Perlu Lockdown, Masyarakat Jaga Kesehatan

0
378
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (13/3/2020). Foto Togu Hasiholan/Vibizmedia.com

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai kebijakan penguncian diri atau lockdown, baik secara zonasi maupun nasional, belum perlu diterapkan di Indonesia sebagai upaya pencegahan penyebarluasan COVID-19 atau virus corona jenis baru.

“Saya kira belum ke sana (kebijakannya). Belum ada semacam zona-zona penutupan, belum, kita belum perlu. Pemerintah belum menganggap perlu, sehingga bisa menimbulkan dampak kepanikan, nanti dampaknya bermacam-macam dan kemana-mana,” kata Ma’ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

Untuk saat ini, kata Ma’ruf, pemerintah memberlakukan langkah preventif dengan memperketat warga negara asing (WNA), yang masuk ke Indonesia dengan harus menunjukkan hasil tes kesehatan, khususnya dari empat negara paling banyak terdampak COVID-19.

Ma’ruf Amin juga mengimbau masyarakat untuk rajin menjaga kebersihan dan kesehatan, lalu segera memeriksakan diri ke rumah sakit apabila mendapati gejala seperti batuk, pilek, demam, serta kembali dari perjalanan luar negeri.

“Kita sudah membuat kebijakan untuk empat negara itu harus ada sertifikat bebas dari corona, yaitu Italia, Korea Selatan, Iran dan Jepang. Pengawasan di tempat masuk (wilayah Indonesia) tetap diperketat,” disampaikan oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here