Saat ini Momentum Yang Sangat Baik Untuk Bela Negara

0
356
Suasana konferensi pers di Graha BNPB, Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (14/3). (Foto: BNPB).

(Vibizmedia – Nasional) Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (14/3) menghimbau agar semua masyarakat melihat momen di mana sedang bersama-sama menghadapi COVID-19 ini sangat baik untuk membela negara.

“Kita harus memandang  virus ini sebagai  musuh bersama yang harus dihadapi secara bersama-sama, “ tandasnya

Ia menerangkan  pentingnya keterlibatan seluruh masyarakat dimana masyarakat menjadi subyek dan berpartisipasi aktif dalam pencegahan dan  deteksi dini tertular COVID-19. Caranya adalah dengan meningkatkan imunitas diri dan melakukan upaya pengurangan kontak fisik. Juga memberikan informasi kalau merasakan gejala atau memiliki riwayat mengunjungi negara yang terjangkit agar melakukan karantina diri dengan protokol dari kementerian kesehatan.

Ia juga menghimbau agar diupayakan  suatu semangat untuk  meningkatkan rasa  gotong royong dan saling membantu, seperti misalnya memberi masker pada para warga yang menunjukkan gejala seperti flu, batuk, pilek, demam.

Atau bahkan berbagi makanan kepada masyarakat yang kurang sejahtera agar imunitas diri mereka meningkat. Karena menurutnya bantuan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang dibantu tetapi juga bagi yang memberikan bantuan karena telah mengurangi resiko penularan yang lebih luas.

Tidak Perlu Saling Menghujat dan Menyalahkan 

Ia mengajak semuanya untuk tidak perlu lagi saling menghujat atau saling menyalahkan karena hal tersebut sama sekali tidak ada manfaatnya , bahkan  hanya membuang energi dan pada akhirnya  imunitas tubuh kita akan berkurang.

Sebaliknya ia mengatakan bahwa saat ini adalah momentum yang sangat baik untuk melakukan aksi bela negara sebagaimana program yang telah digulirkan mulai tahun 2018 yang lalu.

Bagaimana caranya, yaitu  dengan saling memberikan semangat dan saling membantu untuk memutus mata rantai penularan virus yang berbahaya khususnya bagi kelompok rentan,  seperti orang usia lanjut, balita, wanita hamil dan penderita penyakit bawaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here