Platform Gratis Bagi Siswa Belajar di Rumah, Kerjasama Dengan Mendikbud

16
2641
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. FOTO: KEMENTERIAN PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN

(Vibizmedia – Nasional) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan siap mendukung seluruh kebijakan penghentian aktivitas bersekolah yang diambil Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Karena keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan jauh lebih utama.

Kemendikbud  juga menyatakan siap mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN) jika diperlukan. Lebih jauh lagi, kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) bagi para siswa.

Ada beberapa platform yang telah disiapkan dan dapat digunakan bagi siswa yang harus belajar dari rumah karena sekolahnya sementara ditutup.

Aplikasi Jarak Jauh Berbasis Portal dan Android, Rumah Belajar

Kemendikbud telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar.

Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.  Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Nadiem juga menyatakan penghargaannya pada berbagai sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh.

Gotong royong pendidikan ini diharapkan dapat menjadi solusi yang menolong para siswa. Kerja sama penyelenggaraan pembelajaran secara daring dilakukan dengan berbagai pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring,  antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius. Mereka menyatakan kesanggupannya berkontribusi menyelenggarakan sistem belajar secara daring. Setiap platform akan memberikan fasilitas yang dapat diakses secara umum dan gratis.

G Suite for Education 

Google berkomitmen untuk membantu meningkatkan pembelajaran untuk semua orang. Sehubungan dengan situasi Covid-19, Google membantu para siswa dan guru di Indonesia untuk dapat melanjutkan pembelajaran di luar sekolah melalui G Suite for Education – alat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang tersedia gratis dari Google.

Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah.

Hingga 1 Juli 2020, Google menyediakan fitur Hangouts Meet yang paling lengkap secara gratis yang meliputi kemampuan live streaming hingga 100,000 penonton dalam suatu domain dan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas hingga 1 Juli 2020 yang bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari.

“Melalui G Suite for Education, para siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada,” disampaikan Danny Ardianto, Public Policy & Government Relations Manager Google Indonesia.

Kelas Pintar

Fernando Uffie, Pendiri Kelas Pintar mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, tak lantas membuat proses belajar siswa terhenti. Siswa bisa tetap belajar secara daring, guru bisa tetap memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa, dan orang tua bisa memonitor perkembangan belajar anaknya. Semua itu bisa dilakukan dengan solusi pendidikan berbasis teknologi seperti Kelas Pintar.

“Selama satu bulan ke depan, Guru maupun Siswa di seluruh Indonesia bisa menggunakan solusi belajar daring dari Kelas Pintar secara gratis. Agar proses pembelajaran siswa tetap berlanjut, kapan dan dari manapun,” jelas Uffie.

Microsoft : Teams dalam Office 365

Benny Kusuma, Education Lead PT. Microsoft Indonesia menjelaskan pihaknya menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid.

Dengan fasilitas Teams dalam Office 365, proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital dan guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fasilitas video conference bila dibutuhkan. “Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada para muridnya. Demikian pula para murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lain di dalam teams class tersebut,” jelas Benny.

Quipper

Hanani Faiza, Content Associate Manager Quipper menjelaskan pihaknya akan memberikan akses dan material gratis bagi sekolah, guru dan siswa. Guru dan sekolah juga dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa. Hal ini termasuk video, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi masuk mandiri peguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di seluruh Indonesia.

“Pelayanan ini dikhususkan untuk sekolah yang terkena dampak dan akan tersedia mulai hari Selasa, 17 Maret 2020,” tutur Hanani.

Ruangguru

Belva Devara, Chief Executive Officer (CEO) dan Pendiri Ruangguru juga mengumumkan pembukaan Sekolah Online Ruangguru Gratis. Melalui program ini, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru.

“Para guru di Indonesia juga dapat mengikuti Pelatihan Guru Online gratis selama satu bulan kedepan. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional,” terang Belva.

Sekolahmu

Radinka Qiera, Direktur Sekolahmu juga telah menyelenggarakan pembelajaran kelas maupun karier dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi. Pembelajaran daring ini ditujukan bagi seluruh murid, guru, bahkan orang tua.

Program-program yang disediakan Sekolahmu telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi yang sukses.

“Sekolahmu akan menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis. Kami juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel,” jelas Radinka.

Zenius

Sementara itu, CEO Zenius, Rohan Monga menyatakan platformnya turut membantu siswa mempersiapkan UN dan UTBK. Jika sebelumnya belajar secara mandiri dianggap tidak terarah dan terukur, Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur.

“Kami siap membantu kelancaran proses pembelajaran dengan memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan proses belajar mandiri yang terstruktur,” ujar Rohan merespons ajakan kolaborasi oleh Mendikbud.

  1. Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id
  2. Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/
  3. Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id
  4. Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office
  5. Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/
  6. Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com
  7. Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas
  8. Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

16 COMMENTS

  1. Unquestionably believe that that you said.
    Your favourite reason appeared to be on the net the easiest factor to
    have in mind of. I say to you, I certainly get irked at the same
    time as other people think about issues that they just do not recognize about.
    You managed to hit the nail upon the top as smartly as outlined out the whole thing with no need side effect , folks could take
    a signal. Will probably be back to get more.

    Thank you

  2. It’s amazing to go to see this web site and reading the views of all colleagues on the topic of this
    article, while I am also zealous of getting familiarity.

  3. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I
    have truly enjoyed surfing around your blog posts.
    After all I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  4. Appreciating the commitment you put into your website and detailed information you offer.
    It’s awesome to come across a blog every once in a while that isn’t
    the same outdated rehashed material. Excellent
    read! I’ve bookmarked your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  5. Hi there I am so grateful I found your weblog, I really found you by accident, while I was browsing on Aol
    for something else, Anyways I am here now
    and would just like to say thanks for a fantastic post and
    a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read it all
    at the minute but I have saved it and also added
    your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more,
    Please do keep up the excellent b.

  6. I simply could not depart your website before suggesting that I really loved the
    usual information a person supply for your guests?
    Is going to be back continuously to check up on new posts

  7. Link exchange is nothing else however it is simply
    placing the other person’s weblog link on your
    page at appropriate place and other person will also do same in favor of you.

  8. Greetings! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could get a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one?
    Thanks a lot!

  9. Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading?
    I’m trying to figure out if its a problem on my end or if it’s
    the blog. Any responses would be greatly appreciated.

    my webpage :: EnlargeXXX

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here