Tidak Lakukan Lockdown Tetapi Langkah dan Kebijakan Ketat

0
262
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (15/3). (Foto: BPMI)

(Vibizmedia – Nasional) Saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (15/3), Presiden Joko Widodo  menyampaikan bahwa sejak mengumumkan adanya kasus wabah Virus Korona (Covid-19), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Kementerian terkait  telah diperintahkan untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra dalam menangani pandemi global Covid-19.

“Kita melihat beberapa negara yang mengalami penyebaran lebih awal dari kita ada yang melakukan lockdown dengan segala konsekuensi yang menyertainya,” tutur Presiden Jokowi. Namun demikian, Presiden menyampaikan memang ada juga negara yang tidak melakukan lockdown, tetapi melakukan langkah dan kebijakan yang ketat untuk menghambat penyebaran Covid-19.

“Pemerintah terus berkomunikasi dengan WHO dalam menggunakan protokol kesehatan WHO. Serta berkonsultasi dengan para ahli kesehatan masyarakat dalam menangani penyebaran COVID-19 ini,” kata Presiden. Pemerintah, menurut Presiden, juga telah membentuk Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penangggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo. “Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan mengsinergikan kekuatan nasional kita baik pusat maupun daerah. Melibatkan ASN, TNI, dan Polri serta melibatkan swasta, lembaga sosial, dan perguruan tinggi,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here