Total Terinfeksi 117 Orang, Tersebar di Delapan Provinsi

0
280
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers hari Minggu 15/3/2020 (Foto: Humas Kemenkes RI)

(Vibizmedia – Nasional) Dari hasil tracing yang terus dilakukan,  maka update hingga tanggal 15 Maret 2020 dinyatakan bahwa penambahan kasus baru sebanyak 21 orang. Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan  bahwa data baru tersebut diterima Minggu pagi (15/3) dimana 19 kasus ditemukan  di Jakarta dan 2 kasus di Jawa Tengah.

Total Kasus menjadi 117 Orang, 8 Sembuh dan 5 Meninggal

Dengan demikian total  kasus terinfeksi di Indonesia menjadi 117 orang, 8 orang sembuh dan 5 orang meninggal.

Persebaran di Delapan Provinsi

Sementara persebaran COVID-19 sampai  hari ini adalah di Jakarta, Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung), Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan), Jawa Tengah (Solo), Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Utara (Manado), Bali dan Yogyakarta.

Perjalanan Tracing Kasus

dr. Yuri menjelaskan bahwa kasus yang di Jakarta merupakan hasil pengembangan dari tracing kontak kasus sebelumnya.

Ia melanjutkan bahwa data update pasien positif Covid-19 yang diterimanya selanjutnya akan dikirim ke rumah sakit. Data itu penting bagi dokter yang merawat pasien supaya dokter bisa menyampaikan ke pasien  kenapa dia diisolasi karena  itu adalah hak pasien. Selain itu, dokter juga harus  menyampaikannya ke Dinkes setempat karena ini penting dalam konteks untuk tracing.  Setelah itu Dinkes dalam hal ini Kadinkes akan berbicara dengan kepala daerah masing-masing. Kepala daerah tersebut harus menyampaikannya ke masyarakat dengan strategi masing-masing.

Sekali lagi ia menambahkan bahwa kasus ini adalah kasus penyakit menular yang  pendekatannya dengan komunitas.

Dengan ditetapkannya masalah ini menjadi bencana nasional non alam, maka semua kapasitas nasional baik di pusat maupun daerah atau institusi lain termasuk masyarakat mutlak berpartisipasi, demikian tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here