Tips Bekerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif

0
403
Ilustrasi bekerja di rumah menggunakan baju yang nyaman (Foto: Hanny Nugrahani/Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Seperti yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo untuk “… bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah, “ maka ada baiknya Anda menyiasatinya sehingga tetap produktif dan tidak ada waktu terbuang percuma. Perpindahan dari kantor ke rumah tentu tidak mudah harus dijadikan momen untuk tetap berkarya dan produktif.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan bagi Anda.

Pertahankan Jadwal Yang Sama

Mulailah dengan dispilin  berpatokan  pada jadwal yang sama seperti saat Anda berangkat ke kantor.  Cobalah tetap bangun pagi pada waktu yang sama dan lakukan segala sesuatunya seperti Anda biasa lakukan untuk bersiap hendak bekerja.

Pastikanlah Anda sedang memikirkan bagaimana Anda mengatur hari Anda sama seperti yang sudah  dilakukan sebelumnya. Jadi jika biasa membuat  daftar yang hendak Anda kerjakan setiap pagi, maka lakukan hal yang sama. Jika Anda biasa mengecek seseorang yang setiap pagi, lakukan kembali dengan orang tersebut.

Tentu saja hari bekerja Anda tidak akan mungkin sama. Rutinitas Anda akan berubah, Anda akan perlu waktu untuk memikirkan bagaimana menghadapi perubahan-perubahan ini karena Anda bekerja di rumah.

Buatlah Hari Anda Terstruktur

Mengenai cara  berpakaian di rumah, ada yang memilih megenakan baju yang paling nyaman. Tetapi salah seorang ahli, yang sudah lama bekerja di rumah, Barbara Pachter, pengarang dari buku “The Essentials of Business Etiquette , menyarankan agar lebih baik berpakaian rapi seperti hendak pergi bekerja. Hal ini menolong membuat hari Anda terstruktur.  Tentu nanti Anda bisa berganti baju rumah, sesuai dengan pengaturan pekerjaan Anda di rumah.

Jangan Tergoda Melakukan Pekerjaan Rumah

Selain itu displinkan waktu Anda untuk tidak terganggu dengan pada akhirnya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah, seperti memasak dan membersihkan rumah maupun pekerjaan rumah lainnya. Sekalipun tentu saja kita memiliki waktu yang fleksibel untuk melakukan pekerjaan rumah. Tapi ada baiknya Anda  mengatur waktu sedemikian  rupa dan  berdisiplin mengerjakan pekerjaan kantor Anda tanpa ada gangguan.

Buatlah Batas di Rumah

Tentukanlah sudut mana di rumah yang dijadikan kantor Anda. Tidak harus dalam ruangan dengan pintu ditutup. Tapi perlu satu batas tempat yang membuat Anda tidak terganggu konsentrasi Anda. Sudut mana saja bisa

Batas yang Anda buat bisa saja berbagi dengan yang lain, misalnya suami atau istri Anda atau teman sekamar Anda yang juga bekerja dari rumah, atau bahkan anak-anak yang harus belajar di rumah. Jadi Anda bisa sekaligus mendampingi anak-anak yang sedang mengerjakan tubas sekolah.

Buatlah Jadwal Istirahat (Break)

Perlakukan waktu-waktu untuk makan dan lakukan olah raga singkat seperti stretching saat waktu istirahat (break).

Miliki Komunikasi Dengan Yang Lain

Tetaplah pro aktif untuk memiliki kebiasaan berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain daripada menunggu orang lain menghubungi Anda. Bisa dengan lebih banyak mengkontak kolega melalui email, melakukan conference call , video conference, atau menggunakan fasilitas chatting atau cukup dengan langsung menelpon.

Akhiri Pekerjaan Anda 

Bagi Anda yang biasa bekerja di kantor, sore hari adalah waktu Anda mengakhiri pekerjaan dan memulai kehidupan rumah bersama keluarga. Sangat penting untuk melakukan transisi yang sama, sekalipun hanya berpindah dari “sudut kantor” rumah Anda   setelah meletakkan materi-materi pekerjaan Anda dan menutup laptop Anda.

Dengan demikian Anda dapat memastikan bahwa  tidak ada waktu yang terbuang percuma. Selamat bekerja dari rumah, tetaplah produktif dan menghasilkan banyak kemajuan-kemajuan dalam bisnis atau kantor Anda.

Ilustrasi bekerja dari rumah, lakukan disiplin dan pengaturan waktu yang baik (Foto: Hanny Nugrahani / Vibizmedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here