Jubir Covid-19 Jelaskan Strategi Penanganan Covid-19

0
376
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona, Achmad Yurianto, sedang memberikan konferensi pers di kantor Kepresidenan, 06/03/2020 (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

(Vibizmedia – Nasional) Perkembangan yang sangat cepat dari kasus Covid-19 perlu direspon dengan cepat. Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, dalam konferensi pers hari ini, Jumat (20/3) menjelaskan kembali strategi penanganan Covid-19 secara utuh.

Pertama: Jaga Jarak

Yang pertama, sekali lagi ia menyebutkan satu hal penting  adalah jaga jarak (social distancing)

Kedua: Protokol Yang Mudah Dipahami

Yang ke dua, ia menyatakan bahwa segera akan disosialiasikan  protokol yang paling mudah dipahami tentang apa yang harus dilakukan manakala kita sakit, kapan harus ke RS, dan  kemana kita meminta bantuan.

Sosialisasi Tentang Karantina Mandiri

Yang tidak kalah penting yang disebutnya adalah melakukan sosialiasi bagaimana melakukan karantina mandiri atau mengisolasi diri (self isolation) dan bagaimana kita berkonsultasi selama kita berada di self isolation.

Yuri menyebutkan ada beberapa  media yang bisa digunakan untuk berkonsultasi, yaitu Call Center 119 ext 9, lalu ia menyebutkan  beberapa Unicorn seperti Hallo Dok, Sehatpedia secara virtual dan beberapa lagi yang tentunya setiap hari akan disosialisasikan.

Screening Massal dengan Rapid Test

Yuri menyatakan bahwa screening massal sudah disiapkan secepatnya. Ia mengaku sudah  menerima 2000 kit untuk pemeriksaan cepat (Rapid Test). Harapannya  besok sudah bisa masuk lagi dan sekitar 100.000 kit akan masuk di hari berikutnya.

Menurut Yuri screening massal dengan pemeriksaan cepat (Rapid Test) adalah yang terbaik, karena tujuannya adalah secara cepat dapat menemukan potensi positif atau yang sudah pasti positif dalam masyarakat.

Langkah selanjutnya  jika kemudian didapatkan ada kasus positif dari screening ini maka akan melaksanakan sosialisasi tentang bagaimana melakukan isolasi diri dirumah atau self isolation.

Perlunya Panduan tentang Self Isolation

Ia menyatakan bahwa akan ada panduan tentang self isolation.

” Tentunya kita harapkan orang ini bisa ada di rumah, kemudian melakukan kegiatan yang baik, pakai masker, asupan gizi cukup, kemudian menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain, asupan gizinya maksimal dan dilakukan monitoring oleh petugas kesehatan,” papar dr. Yuri

Ini adalah upaya-upaya untuk  mengurangi beban kapasitas RS manakala kemudian ditemukan kasus yang membutuhkan perawatan dan positif.

Sementara kasus positif yang ditemukan dengan screening akan dilakukan pemeriksaan PCR , juga yang terkonfirmasi positif serta bergejala akan disiapkan ruang perawatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here