Urgensi Diperlukan APD dan Reagen PCR untuk Tangani Covid-19

0
254
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof drh Wiku Adisasmito M.Sc, Ph.D. memberikan konferensi pers (Foto: Humas BNPB)

(Vibizmedia- Nasional) Dalam konferensi pers yang dilakukan di Kantor Graha BNPB pada Jumat (22/2), Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  Prof. drh. Wiku Adisasmito, MSc. Ph.D, mengatakan bahwa dalam penanganan virus corona saat ini yang paling dibutuhkan adalah alat pelindung diri (APD) dan juga perangkat alat untuk melakukan uji laboratorium. Inilah yang dirumuskan tim pakar mengenai prioritas alat kesehatan yang paling dibutuhkan saat ini.

“Prioritas saat ini adalah APD, perangkat uji laboratorium seperti reagen RT-PCR, viral transfer media (alat untuk mengirim sampel virus), rapid diagnosys test (kit tes cepat), dan nassal swab (alat untuk mengambil spesimen),” ujar Wiku.

Ventilator Perlu Disiapkan

Selain itu alat kesehatan yang juga dibutuhkan dalam perawatan pasien COVID-19 adalah ventilator untuk membantu pernapasan bagi pasien yang mengalami gejala sesak napas.

Reagen Urgent Dibutuhkan

Wiku menjelaskan bahwa  jumlah laboratorium di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki RT-PCR a cukup banyak dan mampu  melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus COVID-19. Namun hal itu membutuhkan reagen RT-PCR untuk setiap laboratorium.

“Sebenarnya laboratorium di Indonesia yang memiliki RT-PCR jumlahnya cukup banyak dan itu apabila disediakan dengan reagen yang tepat akan mampu melakukan pemeriksaan lebih cepat,” kata Wiku.

Pedoman Pencegahan untuk Masyarakat

Tim Pakar dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang terdiri dari beberapa tim ahli juga  merumuskan sejumlah pedoman pencegahan untuk masyarakat serta penanganan medis di fasilitas kesehatan.

Pedoman  tersebut adalah mengenai komunikasi informasi serta edukasi masyarakat tanpa tatap muka, pedoman tata kelola rujukan pasien dan calon pasien, tata kelola rapid test di laboratorium, tata kelola pasien di rumah sakit, tata kelola karantina dan isolasi, dan tata kelola penanganan pasien meninggal.

Untuk itu tim pakar  melakukan penyeleksian terhadap berbagai hibah alat kesehatan dan logistik dari dalam negeri maupun luar negeri seusai  prioritas yang dibutuhkan.

Atas dasar kebutuhan prioritas tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menerbangkan tim khusus untuk mengangkut obat-obatan, peralatan dan logistik sebagai prioritas kebutuhan penanganan Covid-19 dari Tiongkok.

Tim dari anggota TNI diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules C130 A-1333 dan telah mendarat di Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu (21/2) pukul 21.15 untuk selanjutnya memuat segala prioritas kebutuhan dan mengirimnya ke Indonesia dan hari ini telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta membawa keperluan prioritas pada  pukul 09.30 WIB.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa obat-obatan, APD dan peralatan medis yang menjadi prioritas tersebut merupakan jenis yang sama digunakan untuk penanganan Covid-19 di Tiongkok dan Korea Selatan dimana telah teruji dan terbukti efektif untuk menangani pandemi Corona.

“Obat dan peralatan ini terbukti efektif digunakan untuk mengatasi virus Corona di Tiongkok dan Korea Selatan,” kata Yuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here