Bijak Berbelanja di tengah Pelaksanaan “Physical Distancing”

0
774
Ilustrasi keranjang belanja

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Kebijakan pemerintah agar masyarakat melakukan physical distancing atau menjaga jarak sudah tentu harus dipatuhi sungguh-sungguh oleh kita semua demi menjaga kesehatan kita sendiri dan orang lain.  Hal ini sangat penting karena inilah cara terbaik mencegah terjadinya penyebaran maupun penularan virus Covid-19.

Untuk itu terkait dengan aktivitas jika berbelanja maka berikut adalah beberapa poin yang bisa diikuti dan diperhatikan.

Membeli secara Rasional,  Jangan Panic Buying

Pemerintah terus mengingatkan agar masyarakat tetap tenang dan rasional, jangan membeli kebutuhan bahan pokok dalam jumlah besar karena kepanikan dalam berbelanja (panic buying)

Wakil Sekjen Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia, Dicky Pelupessy, M.DS., Ph.D, di Graha BNPB dalam konferensi persnya (22/3) menyatakan bahwa akal sehat atau rasional harus tetap berada di atas tingkat kecemasan, jadi haruslah membeli secara rasional.

Kita juga harus mengingat bahwa masih ada banyak saudara kita yang juga memerlukan barang-barang yang kita beli. Dengan demikian semua orang tercukupkan kebutuhannya. Jangan karena panik dan cemas akhirnya menjadi egois dan tidak memikirkan orang lain yang juga memiliki keperluan yang sama untuk bertahan dalam menghadapi wabah COVID-19.

Tetap Lakukan Physical Distancing 

Saat kita berbelanja di supermarket, toko atau pasar, haruslah terus diingat untuk menjaga keamanan agar tidak tertular virus COVID-19 dengan menjaga jarak minimal satu meter. Salah satu yang bisa diperhatikan adalah pergilah berbelanja ketika jam tidak sibuk atau pastikan supermarket, toko, dan pasar dalam keadaan sepi untuk meminimalkan kontak dengan orang lain.

Belanja Secara Daring

Jika memungkinkan lakukan pembelanjaan kebutuhan pokok dengan cara daring sehingga tidak perlu  ada dalam keramaian di supermarket, toko ataupun pasar. Beberapa layanan belanja kebutuhan pokok dan makanan pun sudah menerapkan protokol untuk mencegah penyebaran covid-19.

Anda bisa menemukan banyak toko online yang menjual berbagai kebutuhan pokok dan bisa menggunakan kesempatan ini.

Cerdas Berbelanja, Buatlah Daftar Belanja

Dicky Pelupessy juga menyarankan  agar masyarakat harus cerdas berbelanja dengan membeli keperluan yang memang sangat dibutuhkan saja dengan jumlah yang cukup selama jangka waktu tertentu, semua diperhitungkan dengan rasional dan sesuai kemampuan.

Untuk itu perlu dibuat daftar belanja untuk memastikan  barang yang dibutuhkan terbeli. Jadi diingatkan untuk membeli sesuai rencana . Ingatlah bahwa bukan saja kita yang membutuhkan tapi ada banyak lagi yang lain, jadi kita harus berbagi dengan yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here