Presiden Jokowi Putuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Hambat Penyebaran Corona

0
336
Presiden Joko Widodo. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi pilihan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19 yang sedang merebak di Tanah Air.

Hal ini dilakukan pemerintah pasca, telah ditetapkannya Covid-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor resiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

“Saya telah memutuskan dalam rapat kabinet bahwa opsi yang kita pilih adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Sesuai undang-undang, PSBB ini ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, yang berkoordinasi dengan Kepala Gugus Tugas Covid-19 dan Kepala Daerah”.

Dengan dasar hukum, Undang-Undang Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan, pemerintah juga telah menerbitkan peraturan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar dan Keputusan Presiden (Kepres) penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut.

Menurut Presiden, dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) ini semuanya jelas, para kepala daerah, saya minta, tidak membuat kebijakannya sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi, semua kebijakan didaerah harus sesuai dengan peraturan berada dalam koridor undang-undang, PP serta Kepres tersebut, tegas Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here