Mulai 5 April Semua Warga Harus Menggunakan Masker

0
309
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB (4/3) (Foto: Humas BNPB)

(Vibizmedia – Nasional) Dalam kesempatan menyampaikan update penanganan dan pengendalian Covid-19 di Indonesia pada hari ini, Minggu (5/4), Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto menyampaikan beberapa hal penting.

Keluarga Menjadi Basis Utama Pencegahan

Ia memberikan apresiasi khususnya  terhadap semua  keluarga di seluruh tanah air yang telah patuh dan disiplin untuk tetap  tinggal di rumah.  Karena keluarga adalah basis dari upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini.

Ia mengakui bahwa situasi ini menjadi proses yang berkepanjangan yang tentunya akan menjadi beban bagi para ibu rumah tangga  dan kepala rumah tangga, para bapak   yang menjadi juru penenang dan harus mampu memberikan penjelasan yang baik kepada anggota keluarga. Sehingga  secara bersama-sama bisa saling melindungi agar tidak ada anggota keluarga yang tertular.

Ia meminta agar keluarga dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Pertama, berikan suasana gembira di rumah.  Kemudian, manfaatkan waktu untuk  tetap menjaga imunitas dengan tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan  fisik yang bermanfaat,  kendalikan emosi, sajikan makanan yang sehat dan bergizi.

Tetap berada dalam rumah juga menjadi kesempatan yang baik untuk beribadah dan berdoa bersama. Ia juga menyatakan bahwa diam di rumah juga menjadi kesempatan baik untuk berkomunikasi intens dengan keluarga seluruhnya. Disamping tetap harus aktif dan produktif  dari rumah.

Sebab semakin banyak keluarga sehat maka masyarakat semakin kuat.

Jalankan Masker Untuk Semua

Yuri juga menambahkan bahwa mulai hari ini (5/4), sesuai dengan arahan WHO, maka kita jalankan masker untuk semua. Jadi semua orang harus  menggunakan masker.   Hal ini menjadi penting karena kita di luar sana kita tidak bisa tahu, ada banyak orang tanpa gejala yang juga menjadi  sumber penyebaran penyakit. Oleh sebab itu semua orang harus menggunakan masker pada saat  keluar rumah.

Yang dipakai adalah masker kain, karena masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Selain itu masker kain bisa dicuci. Disarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam untuk kemudian dicuci dalam air sabun, Ini upaya mencegah terjadinya penularan.

Di samping tetap harus disiplin sering melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun minimal 20 detik.

Waspadai Demam Berdarah

Yuri juga mengingatkan bahwa pada bulan-bulan ini secara klasik memasuki pada tahapan pancaroba dimana gambaran klasik dari episode ini adalah munculnya penyakit Demam Berdarah. Untuk itu ia meminta agar bersama keluarga waspada dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk.  Karena jika muncul maka akan memperburuk angka kesakitan dan kematian yang terjadi  jika tercampur dengan Covid-19

Cari dan Temukan  Kasus Positif

Yuri juga menyampaikan bahwa per tanggal 5 April telah dilakukan pemeriksaan atas  9.712 warga yang dilaksanakan tenaga kesehatan,  baik dari pusat hingga daerah, dalam rangka penegakan diagnosa Covid-19.  Keberadaan kasus positif di tengah masyarakat menjadi sumber bagi penularan di masyarakat.  Itu sebabnya harus segera dicari, ditemukan dan kemudian isolasi. Ini kunci pengendalian penyakit ini.

Selain itu warga diminta tetap ikuti berita, perkembangan dan lakukan edukasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga. Banyak informasi bisa diperoleh dari portal covid19.co.id dan Call Center maupun layanan-layanan aplikasi dan telemedicine lainnya. Harus dipastikan memperoleh informasi yang benar dan bukan kesimpang-siuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here