Dukung Penanganan Covid-19, Kementerian PUPR Realokasikan Anggaran Rp44,58 Triliun

0
422
Rapat kerja Kementerian PUPR dengan DPR membahas realokasi Tahun Anggaran 2020 melalui telekonferensi. FOTO: KEMENTERIAN PUPR

(Vibizmedia-Nasional) Mengikuti instruksi Presiden mengenai realoakasi anggaran pada masa pandemi Covid-19 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) realokasikan anggarannya tahun 2020 sebesar Rp44,58 triliun, realokasi dari besaran awal Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp120,2 triliun menjadi Rp75,63 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan realokasi anggaran tersebut bersumber dari penghematan alokasi perjalanan dinas dan paket meeting sebesar 50 persen dari sisa anggaran yang belum terserap pada TA 2020. Selain itu, realokasi anggaran juga berasal dari penundaan terutama bagi paket-paket kontraktual yang belum lelang dan pelaksanaannya secara teknis dapat ditunda ke tahun depan.

‚ÄúProgram kerja yang tertunda pada TA 2020 akibat pandemi COVID-19 nantinya akan menjadi prioritas kegiatan di TA 2021 yang akan dilelang dini pada bulan Oktober 2020,” jelas Menteri Basuki dalam rapat kerja melalui telekonferensi yang dipimpin Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, yang juga turut diikuti oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Menteri Perhubungan Ad- Interim Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa 21 April 2020.

Realokasi anggaran, tambahnya, juga bersumber dari rekomposisi alokasi anggaran 2020 pada paket kegiatan Tahun Jamak (MYC), sehingga pelaksanaannya dapat lebih diperpanjang, antara lain seperti pada pembangunan beberapa bendungan, pembangunan jalan dan jembatan baru.

Realokasi anggaran tersebut dilakukan dengan merubah paket-paket Single Years (SYC) tahun 2020 menjadi paket-paket Tahun Jamak (MYC), termasuk paket-paket kontraktual yang nilainya di bawah Rp100 miliar.

“Terakhir, realokasi bersumber optimalisasi kegiatan non-fisik yang bisa ditunda/dihemat, seperti pekerjaan survey dan Detail Engineering Design,” terang Basuki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here