Kemenhub Siapkan 5 Check Point di Jabodetabek Cegah Pemudik

0
572
Ilustrasi jalan tol. FOTO: BADAN PENGATUR JALAN TOL (BPJT)

(Vibizmedia-Nasional) Untuk mencegah pemudik kembali ke kampung halamannya, Kementerian Perhubungan menyiapkan lima check point di wilayah Jabodetabek yang tersebar di jalan tol hingga jalan nasional.

“Bahwa karena nanti mulai sudah ada penyekatan atau pembatasan, dari pada nanti masyarakat mengalami kesulitan karena pos-pos yang didirikan check point itu,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi melalui telekonferensi, Kamis 23 April 2020.

Budi menambahkan bahwa check point tersebut dibuat secara berjenjang, mulai di jalan tol, jalan nasional, jalan provinsi sampai ke tingkat kecamatan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat mengerti akan adanya check point dan meminta masyarakat mengurungkan niatnya untuk mudik tahun ini.

“Artinya, daripada nanti masyarakat mengalami kesulitan, mohon mengurungkan perjalanan yang malam ini ke daerah-daerah PSBB, terutama yang di Jabodetabek,” tegas Budi.

5 Check Point di Wilayah Jabodetabek tersebut adalah:

Tol Cikampek Kilometer 31
Tol Cikarang Barat kilometer 31, kendaraan yang mengarah ke timur akan diarahkan kembali ke Jakarta melalui Karawang.

Jalan Nasional Bekasi
Perbatasan Bekasi dengan Karawang, kendaraan sepeda motor hingga angkutan bus tidak diperkenankan melintas.

Puncak Pas
Perbatasan Kabupaten Bogor dengan Cianjur.

Sukabumi
Perbatasan Bogor dengan Sukabumi, tepatnya di wilayah Cigombong.

Tol Tangerang-Merak
Kendaraan yang mengarah ke Banten via tol Tengerang-Merak akan dicegah di pintu tol Bitung. Kemenhub telah berkoordinasi dengan Jasa Marga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here