Sampai dengan Akhir Pekan Ini, Kemensos akan Salurkan Bansos Tunai ke 4,6 Juta KK

0
199
Menteri Sosial Juliari Batubara. FOTO: KEMENTERIAN SOSIAL

(Vibizmedia-Nasional) Sampai dengan saat ini, Menteri Sosial Juliari Batubara menyampaikan bahwa penerima bantuan sosial tunai (BST) sudah mencapai 44,5 persen dari total penerima yang ditargetkan sebanyak 8,366 juta kepala keluarga (KK). Juliari mengatakan bahwa pihaknya akan percepat penyalurannya sisanya sebanyak 4,6 juta KK sampai dengan akhir pekan ini.

“PT Pos sudah menyanggupi dengan berbagai upaya yang ingin saya sampaikan antara lain, pertama membuka tambahan loket pembayaran di dalam kantor pos. Jadi misalnya yang sebelumnya hanya ada dua loket, sekarang kalau kantor pos itu bisa 3-4 loket. Saya sudah perintahkan kantor pos agar digunakan semua menjadi loket pembayaran tambahan,” jelas Juliari dalam keterangannya, Selasa 19 Mei 2020.

“Kedua menaikkan jam operasional kantor pos sampai jam 10 malam. Tolong teman2 media kalau bisa ikut mengawasi bahwa setiap kantor pos buka sampai jam 10 malam untuk melakukan pembayaran,” lanjutnya.

Juliari menambahkan kalau kantor pos juga melakukan pembayaran di kantor kelurahan dan di balai desa. Mereka dapat menyediakan tenda hingga kursi serta menyiapkan protokol kesehatan. Ia pun meminta agar kantor pos membuat outlet-outlet baru khususnya untuk komunitas-komunitas tertentu yang memerlukan BST.

“Di luar itu saya kira ada beberapa daerah yang belum siap untuk memberikan datanya atau masih mencari datanya kami putuskan untuk mengalihkan atau me-lock data yang mereka bisa dan sisanya di tahap kedua sehingga tidak terjadi gantung data di daerah tersebut. Jadi untuk minggu ini kita harapkan sampai Sabtu bisa tercapai sampai dengan 8,3 juta KK totalnya dengan upaya-upaya yang tadi. Sehingga kita bisa menyalurkan target penyaluran 800 ribu KK (per hari),” terangnya.

Menurutnya, per hari ini dananya seluruhnya telah di geser dari Kementerian Sosial ke PT Pos, sehingga seluruh data 8,366 juta tersebut sudah ada di PT Pos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here