Mendes: 70% Transfer APBN sudah Masuk Rekening Kas Desa

0
378
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai bagi keluarga miskin di pedesaan. FOTO: KEMENTERIAN DESA PDTT

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyaksikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai dan penyerahan Sembako dari Gubernur Jawa Timur yang berlangsung di tiga tempat, Grahadi Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Jombang.

“Olehnya, meski secara virtual, kami pun selalu mendorong pemerintah provinsi hingga Kabupaten dan Kota untuk percepat penyaluran BLT Dana Desa,” ungkap Abdul Halim dari ruang kendali Kemendes PDTT, Rabu 20 Mei 2020.

Penyaluran BLT dan pemberian Sembako di Grahadi disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sedang Bupati Gresik Sambhari Halim Radinato secara simbolis menyerahkan BLT dan Sembako ke lima perwakilan warga dan Bupati Jombang Mundjijah Wahab didampingi Wakil Bupati Sumrambah menyerahkannya secara simbolis.

Berdasarkan data yang diperoleh sampai dengan Rabu, 19 Mei 2020, menurut Abdul, sudah hampir 70 persen transfer Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah masuk ke Rekening Kas Desa, tapi ternyata persentase dana yang diterima oleh warga masih relatif kecil.

Olehnya, untuk percepat disepakati Kemendes PDTT, instruksikan Kepala Desa agar pelaporan data penerima BLT kepada Pemerintah Daerah dilakukan secara simultan dengan penyaluran BLT dana desa hingga proses sinkronisasi tingkat kabupaten tinggal menetapkan skala prioritas penerima agar tidak tumpang tindih.

Kemudian Kemendes PDTT juga lakukan sinkronisasi dengan Kapolri terkait pengawalan Bhabinkamtibmas tingkat desa. Data transparan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) agar segera disalurkandengan senantiasa mengkalkulasi penerima Bansos Tunai PKH, bantuan pangan non tunai serta Kartu Prakerja. Ada sekitar 30 ribu desa yang bakal dapat perlakuan khusus untuk percepatan penyaluran BLT ini.

“Mudah-mudahan langkah semakin percepat penyaluran BLT Dana Desa hingga sebelum Lebaran telah terdistribusi secara maksimal,” terang Abdul Halim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here