Menristek: Pandemi, Momentum Bangun Industri Alat Kesehatan Tidak Bergantung dari Impor

0
446
Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro. FOTO: BNPB

(Vibizmedia-Nasional) Dengan diluncurkannya produk inovasi buatan dalam negeri di Hari Kebangkitan Nasional ini, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan momentum ini menjadi titik tolak Indonesia membangun industri alat kesehatan mandiri dan tidak bergantung dengan impor.

“Hasil riset dan inovasi ini merupakan produk lokal bangsa Indonesia. Inovasi Indonesia dari Indonesia untuk Indonesia. Suatu hal yang perlu kita apresiasi dan dukung dengan berbagai cara seperti dukungan dana, kemudahan regulasi, sumbangsih ide, kerja sama produksi dalam negeri, implementasi dan perawatan hasil riset inovasi, serta apresiasi kepada stakeholders yang telah terlibat,”
jelas Bambang dalam keterangannya, Rabu 20 Mei 2020.

Menurutnya, momentum ini dapat menjadi titik tolak inovator-inovator Indonesia untuk membangun industri alat kesehatan dan obat yang selama ini masih banyak bergantung dari impor.

Pemerintah berharap kedepannya, industri alat kesehatan di Indonesia bukan hanya menjadi tempat untuk manufacturing tetapi juga mampu menghasilkan produk inovasi,” ungkapnya.

Bambang pun ingin, lanjutnya, agar sertifikasi produk inovasi peneliti konsorsium dapat digunakan untuk jangka panjang.

“Secara khusus, saya ingin meminta agar sertifikasi produk inovasi peneliti konsorsium tidak hanya digunakan selama
pandemi, tapi juga untuk jangka panjang sehingga dapat mendorong kemandirian produksi alat kesehatan dalam negeri,” tegas Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here