Kemenko PMK Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Konten Pembelajaran Digital

0
105
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. FOTO: KEMENKO PMK

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan semasa pandemi Covid-19 bukan hanya metode pembelajaran yang berubah dari tatap muka menjadi jarak jauh, tetapi juga para dosen harus kreatif dalam mengembangkan konten pembelajaran digital.

“Kecanggihan teknologi infokom di era i4.0 seharusnya menjadi momentum untuk meningkatkan akses bagi mahasiswa untuk belajar dari manapun mereka berada. Selain itu, kecanggihan teknologi juga harus dapat meningkatkan mutu pembelajaran,” ungkap Muhadjir dalam keterangannya, Kamis 21 Mei 2020.

Muhadjir mengungkap bahwa untuk menghadapi era i4.0, institusi pendidikan khususnya perguruan tinggi perlu menekankan life skill.
Begitupun Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) dapat memanfaatkan momentum kebijakan kampus merdeka.

“Muhammadiyah dan Aisyiyah dengan 174 PT harus juga harus memulai resource sharing, utamanya bahan kuliah dari satu PT ke PT lain,” jelasnya.

Muhadjir menjelaskan adaptasi di era i4.0 pada prinsipnya ialah 75% pekerjaan nantinya akan melibatkan kemampuan sains, teknologi, dan matematika, internet of things, serta pembelajaran sepanjang hayat.

“Situasi pandemi saat ini mesti kita kita jadikan momentum untuk belajar beradaptasi menghadapi era i4.0. Seperti kita tahu, kondisi sekarang kita sudah mulai terbiasa memanfaatkan teknologi sehingga kualitas manusia Indonesia menjadi semakin meningkat,” terang Muhadjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here