Presiden Jokowi Minta Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Tatanan Normal Baru Dilakukan Secara Masif

0
86
Presiden Joko Widodo. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo mengatakan kurva R0 (angka reproduksi penyebaran virus corona) dan Rt (angka tingkat penularan virus) dapat diturunkan bila sosialisasi protokol tatanan normal baru dilakukan secara masif.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini yang sudah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat,” ungkap Presiden Jokowi dalam pengantar rapat terbatas Persiapan Pelaksanaan Protokol Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Rabu 27 Mei 2020.

Untuk itu, Presiden meminta jajarannya sosialisasi protokol tatanan normal baru tersebut agar masyarakat tahu apa yang dikerjakan.

“Sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, baik mengenai jaga jarak, mengenai pakai masker, mengenai cuci tangan, mengenai dilarang berkerumun dengan jumlah banyak,” jelasnya.

Menurutnya, dengan sosialisasi yang masif, kurva R0 atau angka reproduksi penyebaran virus corona bisa semakin menurun. Dari data yang dimilikinya, turunya kurva R0 sudah terjadi di beberapa provinsi di Indonesia.

“Kalau ini sosialisasi ini betul-betul kita lakukan secara masif saya yakin kurva R0 dan Rt betul-betul bisa kita turunkan. Dan ini sudah kita lihat di beberapa provinsi bisa kita kerjakan,” tegas Jokowi.

Tatanan normal baru ini, lanjutnya, akan di ujicoba di beberapa provinsi, kabupaten dan kota. Khususnya di provinsi, kabupaten dan kota yang memiliki R0 di bawah 1.

“Kemudian nanti juga akan kita mulai untuk tatanan baru ini kita coba di beberapa provinsi kabupaten kota yang memiliki R0 di bawah 1 dan sektor tertentu yang kita lihat di lapangan bisa mengikuti tatanan normal baru yang kita kerjakan,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here