Presiden Perintahkan Menkes dan Gugus Tugas Perhatikan Penanganan Covid-19 di Jawa Timur

0
71
Presiden Joko Widodo. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meminta Gugus Tugas Nasional dan Kementerian Kesehatan memberi dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur, terutama yang berkaitan dengan kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya.

“Di Jawa terutama agar dibantu diberikan dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur, terutama yang berkaitan dengan persiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya,” ungkap Presiden Jokowi dalam pengantar rapat terbatas Percepatan Penanganan Pandemi
Covid-19 di Istana Merdeka, pada Rabu, 27 Mei 2020.

Menurut Presiden, Jawa Timur menjadi prioritas lantaran masih tingginya kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

“Ini Pak Menteri Kesehatan juga Ketua Gugus Tugas betul-betul saya minta. Jawa timur menjadi perhatian,” tegas Jokowi.

Selain itu, Presiden meminta Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan memasifkan tes Covid-19 serta pelacakan orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP). Presiden menambahkan Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan memperketat isolasi para ODP dan PDP yang terjaring.

“Yang berkaitan dengan percepatan pengujian sampel, pelacakan untuk yang terpapar di Jawa Timur betul-betul dilaksanakan langkah-langkah pengendalian. Termasuk juga provinsi lain di luar Jawa yang penambahannya cukup tinggi yaitu di Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, di Papua, dan NTB,” lanjut Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here