Bank Indonesia Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 2,3% Hingga Akhir Tahun 2020

0
103
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. FOTO: DKOM BI

(Vibizmedia-Nasional) Berdasarkan proyeksi Bank Indonesia dari kondisi di dalam negeri maupun kondisi global, Indonesia mampu keluar dari resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bank sentral telah memperkirakan periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hanya berlangsung selama 2,5 bulan hingga pertengahan Juni mendatang.

“Waktu membuat proyeksi ekonomi kami sudah memperkirakan bahwa Periode PSBB yang ketat itu memang cuma 2,5 bulan. Setelah itu secara bertahap dibuka sedikit-sedikit sampai kemudian dalam waktu triwulan II,” ungkap Perry melalui telekonferensi, Jumat 5 Juni 2020.

Bank Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat tumbuh 2,3 persen hingga akhir tahun. Kendati demikian, menurutnya, target itu bisa saja berubah mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 hanya 2,97 persen.

Perry mengatakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 mendatang akan lebih tertekan dibanding kuartal I-2020. Namun pada kuartal III dan kuartal IV, pertumbuhan akan berangsur naik.

“Harapannya bisa mendekati 2,3 persen. Tapi tentu saja kami harus lihat lagi berbagai indikator pada waktunya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here