Hindari Stress Bila Bekerja di Era New Normal

0
209
Ilustrasi bekerja dari rumah. DOK. FREEPIK

(Vibizmedia-Manajemen) Sudah siap memasuki dunia kerja New Normal minggu depan? Perlu benar-benar menyiapkan diri sebab hari tidak akan sama lagi seperti dulu. Semua kita harus benar-benar menyadari bahwa suasana kerja tidak akan sama lagi. Kondisi ini mungkin harus kita hadapi dua atau tiga tahun lagi, tidak seorang pun yang tahu dan dapat memberikan kepastian, sampai vaksin dan terapi yang tepat pun ditemukan. Dunia kerja tetap harus kembali berjalan demi keberlangsungan perekonomian.

New Normal artinya kehidupan kembali berjalan namun dengan memperhatikan protokol kesehatan, sesuai edukasi pemerintah. Kalau tidak biasa, kondisi yang baru ini dapat menimbulkan stress. Walau tidak semua orang rentan terhadap stress namun tidak ada salahnya kita bersiap.

Kira-kira kondisi yang seperti apa yang akan terjadi dan bagaimana mengantisipasinya?

– Bila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi maka mulai dari berangkat kerja situasi sudah tidak akan sama. Anda diharapkan menjaga protokol kesehatan di area publik dan tidak berdesak-desakan di kendaraan umum walau sudah terlambat ke kantor. Salah satu cara adalah berangkatlah lebih pagi untuk menghindari semakin ramainya stasiun bus, MRT dan trotoar pejalan kaki. Jika berangkat lebih pagi, besar kemungkinan masih dapat menikmati segarnya udara pagi tanpa masker tanpa perlu menjaga jarak dari orang lain karena jalanan belum ramai. Lebih menyenangkan bukan?

– Buat yang menggunakan kendaraan pribadi bisa lebih tenang namun ingat-ingat, bukan karena pelit memberikan tumpangan, tetapi adalah lebih baik untuk tidak bersama-sama dengan orang yang tidak Anda ketahui status kesehatannya. Orang tanpa gejala (OTG) ada dimana-mana dan itu bisa jadi adalah teman kantor Anda sendiri yang dahulu mungkin sering Anda berikan tumpangan. Diri kita sendiri pun bisa jadi adalah OTG dan jangan sampai kita menularkan orang lain tanpa kita sadari. Berangkat atau pulang sendiri mungkin kurang asik dibandingkan beramai-ramai namun taruhlah dalam pikiran Anda bahwa itu lebih baik daripada tanpa kita sadari kita membawa virus pulang ke rumah.

– Anjuran pemerintah untuk kerja shift di kantor akan membuat team Anda tidak lengkap lagi . Bekerja dengan team yang tidak lengkap sangatlah tidak menyenangkan tentunya. Namun membiasakan menggunakan aplikasi meeting virtual akan menjadi solusi sehingga Anda dapat tetap bertemu dengan team dan mengatur bersama pekerjaan-pekerjaan yang ada . Aturlah skedul meeting sedemikian rupa sehingga efektif baik bagi yang sedang berada di kantor ataupun working from home.

– Tuntutan untuk memakai masker saat di kantor juga dapat terasa tidak nyaman bagi beberapa orang dan dapat menimbulkan stress tersendiri. Bila Anda menggunakan masker, penting untuk tidak mengeluh. Mengeluh hanya akan membuat Anda semakin stress menggunakan masker. Rasa tidak betah, tidak nyaman bermasker tidak perlu dibesar-besarkan. Team medis adalah orang-orang yang sudah membuktikan bahwa mereka sanggup bekerja berjam-jam tanpa mencopot maskernya. Kalau mereka bisa, Andapun bisa!

– Suasana kerja akan mengalami perubahan karena peraturan di kantor-kantor tidak akan lagi mengijinkan untuk adanya: pesta makan prasmanan di kantor, saling berbagi makanan yang dibawa, cipika-cipiki saat bertemu teman sekantor, pesta ulang tahun, gathering dan lain sebagainya yang serupa. Bahkan makan di kantin pun ada jarak dan tidak bisa berdekatan, bila menerapkan social distancing. Lupakan hal itu dan belajarlah untuk menerima kondisi bahwa memang seperti inilah situasi pandemi yang harus kita lewati bersama.

– Harus terbiasa untuk mencuci tangan setelah memegang segala benda yang digunakan bersama dan milik publik dan biasakan tidak memang mulut, hidung dan mata. Memakai masker dan kacamata dengan sendirinya akan menolong Anda tidak menyentuh langsung bagian wajah tersebut.

New Normal? Tidak perlu stress.. Hadapi saja! Stay Safe!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here