Tekad Pemerintah Bantu Petani Kopi di Tengah Pandemi Covid-19

0
410
Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo selaku Ketua Dewan Organisasi Kopi Internasional memimpin Pertemuan Khusus Dewan ICO yang ke-126 secara virtual, Kamis 4 Juni 2020. FOTO: KEMENDAG

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Perdagangan melalui Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional menyatakan Indonesia bertekad akan berjuang membantu petani kopi menghadapi tantangan, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

“Sebagai ketua dewan, kami menegaskan bahwa kopi merupakan salah satu komoditas pertanian penting yang menggerakkan roda perekonomian di berbagai negara, termasuk Indonesia, melalui penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan, ungkap Ketua Dewan International Coffee Organization/ICO periode 2019/2020 Imam Pambagyo saat memimpin secara virtual Pertemuan Khusus Dewan ICO yang ke-126 pada 4-5 Juni 2020.

Imam menyampaikan misi utama pada pertemuan tersebut ialah mengupayakan kesepakatan di antara anggota ICO mengenai rekomendasi dan opsi kebijakan bagi seluruh negara anggota.

Selain itu, juga memperkuat kolaborasi antara ICO dengan lembaga pembangunan/donor, organisasi internasional, dan sektor swasta untuk bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapai sektor kopi.

Menurutnya, keketuaan Indonesia pada Dewan ICO ini menjadi penting dan mencerminkan kepercayaan dunia kepada Indonesia untuk mendorong keberlangsungan ekonomi dari sektor kopi melalui kemitraan antara pemerintah, petani, dan sektor industri.

Dalam konteks situasi saat ini, Indonesia akan berjuang untuk membantu petani lokal yang terpukul karena pandemi Covid-19.
Sektor kopi terus mengalami tantangan penurunan harga, ditambah pandemi yang terjadi saat ini turut memperbesar tantangan tersebut.

Seluruh negara, tanpa terkecuali mengalami krisis di berbagai sektor, termasuk sektor kopi, sebagai dampak penyebaran Covid-19.
Penutupan perbatasan lintas negara dan pembatasan sosial telah mengganggu rantai pasokan dan permintaan. Akibatnya, pasokan tidak dapat disalurkan dan konsumsi tertekan.

“Situasi ini tidak hanya berdampak negatif kepada petani, tapi juga kepada industri kopi. Inilah yang mendorong kami di ICO untuk segera merespons dampak pandemi, terutama bagi pelaku yang sangat terdampak, seperti petani kecil dan UMKM. Negara, entitas organisasi internasional, lembaga pembangunan, akademisi, dan sektor industri bersatu dan bertemu secara virtual untuk mencari solusi terbaik bagi pemulihan sektor kopi dunia,” tegasnya.

Proyek peningkatan kapasitas untuk mendorong peningkatan konsumsi domestic, tambahnya, menjadi salah satu topik pembahasan dalam pertemuan kali ini sebagai langkah nyata membantu petani kopi dunia, termasuk di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan, Antonius Yudi Triantoro, juga telah memimpin Delegasi RI pada pertemuan virtual Komite Keuangan dan Administrasi pada 1–2 Juni 2020.

Dalam acara yang masih menjadi bagian dari rangkaian Pertemuan Khusus Dewan ICO tersebut, Yudi menyampaikan bahwa ICO sebagai organisasi terdepan di sektor kopi harus segera merespons berbagai tantangan dan permasalahan yang muncul akibat pandemi.

“Berbagai tantangan keuangan dan administrasi yang dihadapi ICO saat ini perlu segera dicarikan solusi guna menjamin keberlanjutan dan relevansi organisasi,”ujar Yudi.

Sementara itu, pada 3 Juni 2020, Iman juga telah membuka dan menutup seminar internasional secara virtual dengan tema “COVID-19 Impact on the World Sector and Mitigation Measures”yang dihadiri lebih dari 400 stakeholderstermasuk lembaga internasional dunia seperti World Bank, European Community, FAO, SCA, Rabobank, IDH-The Sustainable Trade Initiative, dan London School of Economics.

Sebagai informasi, Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO) merupakan organisasi kopi utama antar pemerintah yang dibentuk pada 1963. ICO beranggotakan 43 negara produsen/eksportir kopi (dengan pangsa mencapai 99 persen dari total produksi dunia) dan 6 negara konsumen/importir kopi, termasuk Uni Eropa sebagai satu kesatuan entitas (dengan kontribusi mencapai 67 persen dari total konsumsi dunia). Sebanyak 70 persen dari total produksi kopi dunia dihasilkan oleh 25 juta petani kecil di ICO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here