Nenek Moyangku Seorang Pelaut

0
768

(Lensa Vibizmedia) Tahukah Anda bahwa negara tercinta kita Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia? Indonesia memiliki 17.499 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan garis pantai yang begitu panjang hingga sejauh 104.000 kilometer. 

Sementara luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta kilometer persegi, yang terdiri dari 2,01 juta kilometer persegi daratan, 3,25 juta kilometer persegi lautan, dan 2,55 juta kilometer persegi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Itulah sebabnya, dengan luas perairan yang lebih besar dari luas daratan, Indonesia sering disebut dengan negara maritim. Presiden Jokowi sering mengingatkan kita akan keistimewaan bangsa kita bukan saja karena banyaknya kepulauan dan suku bangsa yang ada, tapi keistimewaannya  sebagai negara maritim.

Pernahkah kita menyadari betapa kayanya Indonesia karena juga dikenal akan keanekaragaman hayati lautnya karena memiliki 8500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang.

Tapi jangan kita lupakan peran penting dari para nelayan Indonesia.  Melihat perjuangan mereka menembus cuaca yang kadang tidak bersahabat, mengarungi lautan Indonesia yang luas demi untuk menangkap ikan. Tentu bukan pekerjaan yang mudah. Jika kita bisa menikmati santapan  ikan sampai hari ini maka jangan pernah kita lupakan jerih lelah mereka.

Kita akan menikmati beberapa suasana pantai nelayan dan beberapa suasana di mana para nelayan Indonesia melakukan pekerjaannya. Kesederhanaan mereka dan jerih lelah mereka membuat kita menyadari bahwa inilah potret nelayan Indonesia yang juga perlu kita hargai dan kita perhatikan. Foto-foto terambil di wilayah Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Mungkin kita bisa ingat lagu kanak-kanak yang diciptakan Ibu Soed di bawah ini:

Nenek moyangku seorang pelaut

Gemar mengarung luas samudra

Menerjang ombak tiada takut

Menempuh badai sudah biasa

   Angin bertiup layar terkembang

   Ombak berdebur di tepi pantai

   Pemuda b’rani bangkit sekarang

   Ke laut kita beramai-ramai

Suasana kampung nelayan (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

 

Perahu-perahu nelayan siap berlayar untuk menangkap ikan (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)
Pare nelayan bersiap untuk berlayar. Senyuman mereka nampak begitu sederhana. (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)
Seorang nelayan baru mengumpulkan ikan hasil tangkapan. (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

 

Seorang nelayan hendak berlabuh setelah berlayar dan berjuang untuk menangkap ikan. (Foto: Maruli Sinambela/Vibizmedia)

 

Sosok nelayan Indonesia, sederhana dan penuh semangat untuk berlayar lagi dan menangkap ikan. (Foto: Maruli Sinambela /Vibizmedia)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here