Perkuat Kepemimpinan Anda dengan Lima Hal Ini di Era New Normal

0
1467
Ilustrasi leadership. DOK: FREEPIK

(Vibizmedia-Manajemen) Pada era new normal yang kita masuki, maka kepemimpinan kini bukan hanya memperhatikan aspek manajemen pekerjaan saja namun juga harus memperhatikan sisi kesehatan karyawan. Kesehatan menjadi hal penting yang bahkan menjadi salah satu fokus perusahaan terhadap karyawan sebagai human asset.

Memiliki karyawan yang sehat sangat menentukan produktifitas. Bagaimana seandainya ada karyawan yang terkena COVID-19? Bila ringan, maka karyawan harus melakukan isolasi mandiri dan tidak ke kantor. Namun bila berat, tentu memprihatinkan dan secara manusiawi kita tidak dapat lagi menuntut pekerjaan namun tentu lebih peduli pada kesehatan karyawan dan sedapat mungkin membantu mengurangi resiko kehilangan personel yang merupakan bagian dari perusahaan.

Itu sebabnya kepemimpinan hari-hari ini adalah kepemimpinan yang merupakan kepemimpinan yang harus memperkuat dalam beberapa hal sebagai berikut:

Humanity atau rasa kemanusiaan
Pemimpin yang baik tidak akan hanya memandang karyawan sebagai mesin penghasil uang. Pemimpin justru memandang karyawan sebagai manusia yang perlu diperhatikan. Rasa kemanusiaan ini akan membuat perusahaan memperlakukan setiap manusia sama. Tidak ada perbedaan pada setiap orang. Setiap individu sama berharganya bagi perusahaan tanpa memandang jabatan. Pemimpin yang memiliki rasa kemanusiaan akan menyentuh hati setiap individu secara personal.

• Wawasan kesehatan
Pemimpin harus selalu terupdate dengan perkembangan info kesehatan terbaru. Walaupun tidak harus menguasainya sepenuhnya namun paling tidak dapat memiliki insight terkait protokol kesehatan yang berhubungan dengan manajemen sumber daya manusia di kantor, ataupun yang berhubungan dengan interaksi karyawan dengan dunia luar. Tujuannya adalah menghasilkan kebijakan-kebijakan yang berwawasan kesehatan untuk kebaikan semua orang dalam perusahaan. Tentunya bila semua orang sehat, perusahaan juga yang akan menikmatinya. Pemikiran-pemikiran kebijakan yang berwawasan kesehatan ini tidak bisa lagi ditawar pada masa ini dan merupakan unsur penting dalam setiap kebijakan yang dibuat.

• Fleksibilitas dalam manajemen
Rigiditas vs fleksibilitas adalah sesuatu yang perlu akan selalu ada dalam manajemen dan merupakan hal yang dapat diatur kapan harus sangat rigid dan kapan harus fleksibel. Dalam beberapa hal perlu strict dalam peraturan-peraturan perusahaan namun juga memiliki fleksibilitas yang dapat disesuaikan dengan kondisi, khususnya terkait kerja shift, work from home secara bergantian dan penjagaan social distancing.

• Keterbukaan
Keterbukaan ini penting di era sekarang ini. Keterbukaan pada hal-hal yang memang penting untuk diketahui oleh karyawan akan menumbuhkan trust karyawan pada perusahaan. Misalnya ada yang terkena COVID-19, tidak perlu ditutupi, diberitahukan apa adanya agar semua orang terkait dalam perusahaan dapat menjaga diri mereka sendiri sesuai protokol yang ada.

• Kreatifitas
Kreatifitas yang tidak terkurung dan tergantung dengan situasi. Berpikirlah luas, berpikirlah out of the box! Ide harus mengalir di tengah situasi seperti ini yang memaksa setiap pemimpin untuk menjadi lebih kreatif.

Dengan menambahkan dan memperkuat lima hal di atas dalam kepemimpinan Anda, maka tidak akan sulit beradapsi sebagai pemimpin di era New Normal ini. Kepemimpinan Anda akan semakin kuat dan banyak manfaat yang akan Anda rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here