Terdampak Covid-19, Mensos Serahkan Sembako pada Warga Perantau Non-KTP Tangsel

0
379
Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyerahkan bantuan sosial sembako kepada warga di Kelurahan Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Selasa 23 Juni 2020. FOTO: KEMENSOS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyampaikan bahwa Kementerian Sosial tidak menutup kemungkinan bagi pemerintah daerah untuk memberikan bantuan sosial sembako kepada warga dengan KTP luar Jabodetabek selama warga tersebut benar-benar terdampak Covid-19.

“Kami (Kemensos) hanya menganggarkan dan menyalurkan saja, kebetulan karena program ini berlanjut, sampai Desember, kami harapkan pendataan yang sudah baik ini ke depan akan lebih baik dan lebih tepat lagi,” jelasnya saat membagikan sembako di Kelurahan Rawa Buntu, Tangerang Selatan, pada Selasa 23 Juni 2020.

Juliari menyerahkan setidaknya 1.164 paket sembako secara simbolis kepada warga RW 002 Rawa Buntu di halaman Kantor Kelurahan.

Selain itu, penyerahan juga dilakukan dengan menyambangi langsung rumah-rumah warga guna memastikan sembako sampai ke tangan penerima.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, yang terus mengawal penyaluran bansos sembako untuk Kota Tangsel, menyampaikan ungkapan terima kasih dari masyarakat kepada Kemensos.

“Pada kesempatan yang baik ini juga, saya berterimakasih atas nama masyarakat, dimana Kemensos tidak pernah kaku untuk data,” ungkap Airin.

Manakala memang ada yang terdampak di bulan ini, lanjutnya, pemerintah daerah setempat segera mengkonfirmasi kebenaran datanya dan mengajukan data penerima tersebut ke pusat.

Ketidakkakuan data yang disebut Airin ditunjukkan melalui salah satu warga berKTP luar Tangsel yang disambangi Mensos. Pihaknya juga mengapresiasi langkah cepat Kemensos saat Tangsel mengusulkan bansos tambahan untuk warga yang terdampak.

“Ini contohnya, (penerima) di sini baru kita masukkan karena dia tidak berKTP Tangsel, tapi terdampak, dan kita usulkan, lalu direspon cepat oleh Kemensos,” jelas Airin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here