Redam Dampak Pandemi, Presiden Dorong Pemda di Jatim Masukkan Stimulus Ekonomi dalam APBD

0
111
Presiden Joko Widodo. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah menyiapkan anggaran stimulus ekonomi dimasukkan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) guna meredam dampak pandemi virus corona.

“Kemudian, yang ketiga yang berkaitan dengan stimulus ekonomi. APBD juga harus berpikiran masuk ke sini. Dari nasional, pusat ada, tapi kalau dari daerah juga ada ini akan jauh lebih baik,” ungkap Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan terkait penanganan Covid-19 di Surabaya, Jawa Timur melalui telekonferensi, Kamis 25 Juni 2020.

Guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dapat terjadi, Presiden Jokowi meminta belanja APBD dipercepat.

“Selain menyiapkan anggaran untuk stimulus ekonomi di APBD, saya juga minta yang berkaitan dengan belanja APBD ini dipercepat. Baik belanja modal, belanja barang itu segera dilakukan agar terjadi percepatan pertumbuhan di tingkat masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, ia juga meminta kepala daerah memantau penyaluran bantuan sosial. Hal tersebut disampaikannya agar jangan sampai ada masyarakat yang membutuhkan tidak mendapatkan bansos.

“Untuk bupati dan wali kota, selain urusan kesehatan juga saya minta untuk dipantau, dilihat yang berkaitan dengan bansos. Jangan sampai ada yang tercecer. Kalau ada yang tercecer tolong diatasi oleh provinsi gubernur atau oleh wali kota atau oleh bupati di tingkat kabupaten. Sehingga masyarakat yang memerlukan bantuan betul-betul bisa mendapatkan,” kata Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here