Bandrek, Minuman Lezat Kaya Manfaat

0
138
Minuman Bandrek (Foto: Berliana Simanjuntak/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Bagi para pecinta minuman berbahan rempah-rempah asli Indonesia, pasti tidak asing lagi dengan minuman hangat Bandrek. Minuman yang digemari tua dan muda ini, paling nikmat dinikmati saat sore hingga malam hari.

Bandrek, ternyata bukan hanya lezat. Tetapi, bahan-bahannya ternyata mengandung nilai gizi dan kesehatan yang tinggi lho. Apa sajakah itu?

Jahe

Bahan dasar bandrek ini, memang suka disertakan dalam membuat minuman rempah-rempah yang sehat. Nah, sebelum mengolahnya ada beberapa cara memilih jahe yang meningkatkan stamina tubuh.

Jahe yang dipilih pastikan jangan jahe yang layu, namun pilihlah jahe yang segar, kulitnya masih bagus, memiliki daging yang tebal dan harum jahe masih terasa kuat.

Jahe usahakan dipilih yang memiliki rimpang yang utuh jangan yang patah, dan untuk mendapatkan minuman yang sedap pakailah jahe yang baru bukan sisa masak.

Daun pandan

baiknya gunakan daun yang lebih muda karena aroma nya lebih wangi. Daun pandan sangat mudah ditanam dan ditemui di lingkungan, memiliki aroma wangi yang biasa digunakan untuk bahan membuat kue dan manfaatnya juga cukup banyak salah satunya meredakan nyeri dan radang, seperti sakit kepala, demam, arthritis, dan nyeri dada karena mengandung analgetik dan bersifat antibakteria.

Cengkeh

Kuncup bunga kering cengkeh memiliki kandungan senyawa yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan juga membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba.

Kayu manis

Sesuai namanya, aromanya harum nan manis, memiliki banyak manfaat untuk meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh karena memiliki kandungan anti aflimasi, juga dapat meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai jenis infeksi seperti Listeria dan Salmonella karena memiliki komponen aktif, Cinnamaldehyde.

Gula aren

Seringkali orang terkecoh membedakannya dengan gula merah. Gula aren, yaitu gula yang terbuat dari nira pohon aren, bentuknya potongan silinder atau bundar, warna nya coklat sehingga terlihat lebih gelap, dan aromanya lebih kuat dan lebih manis dibandingkan gula merah juga terlihat warna kristal saat dihancurkan.

Manfaatnya juga sangat bagus, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang juga dapat mencegah terjadinya kanker. Memang lebih dianjurkan memakai jenis gula ini dibandingkan jenis gula lainnya.

Mau mencoba membuat bandrek nan lezat? Mari menikmati resep khusus bandrek yang sederhana dan mudah untuk membuatnya untuk disajikan bagi keluarga dan bisa dinikmati untuk tiga sampai empat orang.

Siapkan bahan-bahannya yang bisa didapatkan di pasar, atau sekarang bisa didapatkan secara online dengan mudahnya.

Berikut resep bandrek yang lezat dan sehat :

1. Hancurkan jahe sebanyak 3 buah
2. Masukan air sebanyak 5 gelas
4. Masukan daun pandan 2 lembar
5. Masukan cengkeh secukupnya
6. Masukan kayu manis sebanyak 2-3 batang
7. Gula aren secukupnya.

Kemudian masukkan semua bahan ke dalam wadah dengan 5 gelas air, lalu dimasak sampai sekitar 20-30 menit, maka aroma nya wanginya pasti keluar, dan bandrek siap dinikmati.

Bandrek memang cocok untuk dinikmati dengan keluarga, apalagi jika bandrek disuguhkan dengan hidangan pendukung seperti kue dan sejenisnya. Rasanya lezat, dan baik bagi kesehatan.

Selamat mencoba!

Berliana Simanjuntak/Journalist/ VM
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here