Pesona yang Tersembunyi: Pantai Jambat, Ketapang, Kalimantan Barat

0
744
Pantai Jambat, Kecamatan Kendawangan, kabupaten Ketapang. Kecantikan alam yang tersembunyi. (Foto: Iwan Linus - kontributor Vibizmedia)

(Lensa Vibizmedia) Sebagai orang Indonesia kita patut bersyukur karena dianugerahi alam yang begitu indah di seluruh penjuru negeri ini. Gunung, laut dan hamparan padi yang luas, bahkan savana yang menakjubkan dapat dinikmati di negeri ini.

Kali ini mari kita melangkah ke pulau Kalimantan. Ternyata di sini juga dapat ditemukan banyak pantai yang indah. Kita hanya akan mengunjungi satu pantai yang terletak di Ketapang, kabupaten terbesar dan terluas di provinsi Kalimantan Barat.

Ketapang sebenarnya menyimpan banyak tempat menarik dan bersejarah yang bisa dikunjung. Ketapang sangat erat kaitanya dengan kerajaan Melayu sebab Ketapang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan-kerajaan Melayu pada masa silam.

Kabupaten dengan luas sebesar 31.240,74 km² ini memiliki banyak potensi pariwisata,  yang bukan saja memiliki kekayaan wisata sejarah dan kebudayaan, tetapi juga wisata alamnya yang indah.

Mari kita nikmati keindahan Pantai Jambat yang berada di Kecamatan Kendawangan, kabupaten Ketapang. Pantai yang eksotik  ini dapat dijangkau dalam jangka waktu selama 2 jam jika menggunakan mobil dari Ketapang dan sekitar 1,5 jam jika menggunakan motor.

Pantai dengan hamparan pasir putih yang masih bersih. (Foto: Iwan Linus, kontributor Vibizmedia)

Jangan kaget bila menemukan keindahannya tidak kalah dengan banyak pantai Indonesia lainnya. Pantai Jambat ini merupakan salah satu pantai  dengan keunikan alam yang berbeda, yaitu hamparan batu mengelilingi segenap pantainya. Pasirnya juga yang nampak begitu putih dan bersih dengan lautan yang terlihat biru, sungguh pemandangan yang indah.   Ditambah sebuah pulau kecil yang sangat indah di dekatnya,  memiliki biota laut yang beragam. Inilah kekayaan alam Indonesia yang dapat kita nikmati dan syukuri.

Siap menanti senja di Pantai Jambat, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang.

Terlebih lagi, jika kita menanti hingga datangnya senja. Maka kita akan beroleh sensasi tersendiri akan keindahan panorama pantai ketika senja tiba dan matahari mulai tenggelam di ufuk barat.

Pemandangan indah saat matahari sedang tenggelam di ufuk barat di Pantai Jambat (Foto: Iwan Linus, kontributor Vibizmedia)
Saat matahari makin tenggelam, yang tertinggal adalah langit dan awannya yang nampak keemasan. Sungguh indah. (Foto: Iwan Linus, kontributor Vibizmedia)

Bukan hanya itu, keindahan pantai ini membawa kita seakan berada di dua tempat sekaligus, yaitu di gunung dan di pantai, semuanya dapat kita nikmati. Suatu kekayaan alam yang luar biasa yang bisa kita miliki.

Pantai Jambat dengan potensi lautnya yang luar biasa itu dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai sumber mata pencaharian, sekaligus sebagai tempat pelepas lelah dari aktivitas keseharian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here