Kurangi Ekuitas PMN, Presiden Minta Adanya Sumber Dana Alternatif Proyek Tol Trans Sumatera

0
431
Presiden Joko Widodo . FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meminta adanya sumber dana alternatif untuk kelanjutan pembiayaan proyek strategis nasional (PSN) Tol Trans Sumatera untuk mengurangi ekuitas dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

“Saya minta ada terobosan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk mengurangi beban ekuitas dari PMN dan juga tidak tergantung dari APBN. Ini yang saya kira perlu digarisbawahi,” ungkap Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Selasa, 7 Juli 2020.

Presiden menjelaskan bahwa Tol Trans Sumatera akan membentang sepanjang 2.765 kilometer. Keberadaan tol ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera, sehingga akan ada efisiensi, waktu tempuh, dan bisa meningkatkan multiplier effect hingga 2-3 kali lipat terhadap PDB.

“Jalan Tol Trans Sumatera ini kebutuhan untuk investasinya sebesar Rp476 triliun dan dari total investasi itu masih ada kebutuhan tambahan pendanaan sebesar Rp386 triliun untuk menyelesaikan keseluruhan ruas backbone sampai 2024,” jelasnya .

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), Tol Trans Sumatera bersama dengan proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) di Jawa Barat, merupakan daya ungkit percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Untuk itu, Presiden meminta agar regulasi untuk mengatasi kendala aturan teknis dan prosedur administrasi dapat segera dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here