Presiden Jokowi: Prioritas APBN 2021, Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Transformasi Berbagai Sektor

0
398
Presiden Joko Widodo . FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Beberapa lembaga dunia seperti Internasional Monetary Fund atau IMF, Bank Dunia, dan Organisasi Kerja Sama Pembangunan Ekonomi (OECD) memprediksi ekonomi dunia akan kembali ke tren pertumbuhan pada 2021 setelah di 2020 akan terkontraksi ke level minus.

Saat memimpin rapat terbatas membahas Rancangan Postur APBN Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 28 Juli 2020. Presiden Joko Widodo mengatakan asumsi makroekonomi dalam Rancangan APBN 2021 akan tetap optimis, namun juga realistis mengingat ada kebutuhan belanja untuk program prioritas, dan juga dampak terhadap pelebaran defisit anggaran.

Menurutnya, program prioritas dari APBN 2021 akan ditujukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan transformasi di berbagai sektor.

Selain itu, belanja fiskal akan diarahkan untuk menstimulus program reformasi di bidang kesehatan, pangan, energi, pendidikan dan juga digitalisasi.

“Angka-angka indikator ekonomi makro harus betul-betul dikalkulasi dengan cermat, hati-hati, harus optimis, tapi juga realistis dengan mempertimbangkan proyeksi terkini, kita memastikan prioritas 2021 dan pelebaran defisit APBN 2021,” jelas Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here