Presiden Jokowi Ajak Pamong Praja Mengawal Perubahan Kerja dari yang Rumit Menjadi Cepat

0
386
Presiden Joko Widodo saat melantik Pamong Praja lulusan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXVII tahun 2020 yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu 29 Juli 2020. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo Jokowi meminta anggota Pamong Praja yang dilantiknya menjadi penggerak inovasi dan reformasi birokrasi. Menurut Presiden, di situasi pandemi Covid-19 saat ini yang dibutuhkan adalah kecepatan dalam menyelesaikan persoalan.

“Sebagai pamong praja muda, saudara harus menjadi penggerak inovasi, menjadi motor reformasi birokrasi, menjadi motor pengembangan cara-cara kerja baru, menjadi motor penggerak pemerintahan yang baru,” ungkap Jokowi saat melantik Pamong Praja lulusan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXVII tahun 2020 yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu 29 Juli 2020.

Presiden Jokowi menegaskan terlalu banyak aturan dan prosedur-prosedur di Indonesia yang justru membuat pekerjaan menjadi terhambat. Padahal, saat ini, lanjutnya, negara yang berhasil menyelesaikan persoalan dengan cepat adalah pemenangnya.

“Saya sangat berharap pada saudara-saudara pamong praja muda untuk memberikan nuansa yang berbeda, memberikan pemikiran-pemikiran yang berbeda, ikut memacu birokrasi, menempuh jalan yang smart shortcut, yang orientasinya adalah hasil yang langsung dirasakan oleh rakyat,” tegas Jokowi.

Selain itu, ia juga mengajak para pamong praja muda untuk mengawal perubahan kerja baru dari yang rumit menjadi cepat. Dia mengaku regulasi dibuat lebih sederhana sehingga bisa cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

“Harus saudara ingat, bahwa saudara-saudara adalah masa depan pemerintahan kita. Mulai dari tingkat pusat, kabupaten, sampai ke pelosok desa, dan penentu reformasi di instansi-instansi kalian masing-masing. Tangan kalianlah yang akan menjalani adaptasi dan reformasi itu,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here