Gubernur Ridwan Kamil: Pekan Ini Jawa Barat Tidak Lagi Zona Merah

0
419
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa dari peta penyebaran Covid-19, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menyesuaikan zona kewaspadaan sesuai dengan standar yang diterapkan juga oleh satuan tugas penanganan Covid-19 Nasional.

Menurutnya, pekan ini, di Jawa Barat sudah tidak ada lagi zona merah.

“Sebelumnya Bapak bisa lihat Depok masih merah, sekarang sudah membaik dengan kontrol kita bersama. Sehingga total sekarang dari 27 kota kabupaten tidak ada zona merah, sedang 14 kabupaten dan 13 zona kuning, mudah-mudahan ini bisa terus kami pertahankan,” ungkap Ridwan Kamil saat menjelaskan perkembangan penanganan Covid-19 di Jawa Barat kepada Presiden Joko Widodo yang sedang melakukan kunjungan kerja ke posko penanganan Covid-19 di Bandung, Selasa 11 Agustus 2020.

Ridwan Kamil juga sampaikan bahwa pihaknya sudah mulai menerapkan sekolah tatap muka di daerah yang tidak terkena Covid-19. Posisi geografis Jawa Barat yang memiliki pelosok pedesaan, pegunungan, lanjutnya, ada daerah yang tidak terkena Covid-19 sejak pandemi terjadi.

“Jadi tidak kami samakan penanganannya dengan daerah urban,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga melaporkan pada 28 Juli-8 Agustus rerata rate of transmission Covid-19 di Jawa Barat berada pada angka 0,86. Namun pada 8 Agustus angkanya mencapai 1,63.

“Artinya di Jawa Barat masih terdapat potensi peningkatan dalam 30 hari ke depan. Lonjakan ini resiko dari adaptasi kebiasaan baru,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here