Presiden Jokowi Dorong Pramuka Kuasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

0
353
Presiden Joko Widodo. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meminta agar kader pramuka dapat ikut berkontribusi melakukan dua gerakan nasional dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Pertama, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan,” jelas Presiden Jokowi dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 melalui telekonferensi dari Istana Negara, Rabu 12 Agustus 2020.

“Kedua, yakni gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi,” lanjut Presiden.

Dua gerakan tersebut, menurutnya, bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi juga sekaligus untuk semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan para anggota Pramuka.

Selain itu, ia juga meminta para peserta pramuka agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pengalaman selama pandemi Covid ini selain mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan kepedulian juga mengingatkan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” terang Presiden.

Presiden mengingatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan di semua sektor. Mulai dari kesehatan hingga ekonomi. Dengan adanya karakter disiplin dan peduli lebih lengkap, tegas Presiden.

“Karena itulah giatlah belajar kuasa ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. jadilah SDM Indonesia yang hebat yang cepat tanggap dan cerdas. Rawatlah kebhinekaan pertahankan NKRI dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati,” kata Jokowi.

Bagi Presiden, tantangan di depan semakin berat. Perkembangan dunia cepat berubah dan penuh dengan ketidakpastian. Ketangguhan para peserta pramuka, lanjutnya, harus dibuktikan dengan mengejar ilmu pengetahuan.

“Jadilah generasi masa depan yang mencerahkan, yang terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia. Indonesia maju yang kita cita-citakan bersama. Buatlah Indonesia selalu bangga pada praja muda karana, jayalah pramuka jayalah Indonesia. Salam Pramuka,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here