Presiden Jokowi Salurkan Banpres Produktif Bagi 1 Juta Pelaku Usaha Mikro Hari Ini

0
588
Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Istana Negara, Senin, 24 Agustus 2020. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan program bantuan presiden (banpres) produktif berupa bantuan langsung tunai (BLT) untuk usaha kecil dan menengah senilai Rp2,4 juta untuk tahap pertama hari ini, Senin 24 Agustus 2020 bagi 1 juta penerima

“Sekali lagi, banpres produktif ini adalah hibah. Bukan pinjaman, bukan kredit. Banpres ini diharapkan bisa membantu usaha mikro dan kecil memulihkan usahanya di tengah pandemi,” terang Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin 24 Agustus 2020.

Melalui penyaluran banpres produktif tersebut, Presiden berharap dapat dimanfaatkan pelaku UKM sebagai tambahan modal usaha, seperti memperbanyak barang dagangan.

Untuk itu, dirinya berpesan banpres produktif digunakan untuk kebutuhan usaha, bukan dipakai hal konsumtif. Selain itu, Presiden juga mengimbau pelaku usaha selalu mengikuti protokol kesehatan yang ketat dalam menjalankan usahanya.

Ia pun mengaku memahami kesulitan yang harus dihadapi pelaku usaha akibat pandemi virus corona, mulai dari penurunan omzet dan keuntungan yang dihadapi oleh hampir semua pelaku usaha. Presiden optimis perekonomian akan segera membaik setelah vaksin Covid-19 ditemukan dan dilakukan vaksinasi secara nasional.

“Kalau uji klinis selesai, kemudian disuntikkan atau vaksinasi dilakukan, kita harap Insyaallah kondisi normal kembali akan muncul, sehingga omzet bapak-ibu akan normal seperti sebelum pandemi,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here