Wapres Ma’ruf Amin: BUMD Dituntut Merespon Peluang Lebih Cepat dan Tepat dengan Teknologi Digital

0
157

(Vibizmedia – Nasional) Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), memaksa pelaku usaha, termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), untuk mampu beradaptasi melakukan perubahan agar roda bisnis tetap berjalan. Untuk itu, memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK), BUMD harus merespon  peluang inovasi secara tepat dan cepat dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19 dan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), BUMD dituntut mampu merespon secara cepat dan tepat menangkap peluang-peluang inovasi dengan pemanfaatan teknologi digital, sehingga roda bisnis dan fungsi pelayanannya tetap berjalan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pada acara TOP BUMD Awards Tahun 2020 melalui video conference di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Kamis (27/08/2020).

Lebih jauh Wapres meminta BUMD untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusianya dengan memberikan pelatihan-pelatihan khusus bagi kelompok usia yang sangat produktif. Sehingga, upaya pemulihan ekonomi di daerah dapat berjalan maksimal. “BUMD diharapkan juga terus meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusianya melalui kegiatan-kegiatan pelatihan generasi milenial,” imbaunya.

Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pada acara TOP BUMD Awards Tahun 2020 melalui video conference di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Kamis (27/08/2020). (Foto : KIP SETWAPRES)

Wapres pun mengungkapkan, pemerintah telah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk meningkatkan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan dalam menangani pandemi Covid-19 serta memulihkan ekonomi nasional, sehingga perencanaan dan eksekusi kedua target tersebut dapat berjalan beriringan dan tercapai sekaligus. Oleh karena itu, peran serta BUMD dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk membantu pelaksanaannya.

 “Peran BUMD di masa sulit ini diperlukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah  terutama program-program pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, para Kepala Daerah juga diharapkan terus membina dan mengarahkan BUMD agar meningkatkan kinerja dan layanannya untuk membangun daerah,” pesan Wapres.

Wapres berharap, penghargaan ini dapat memicu kerja sama yang lebih baik di antara BUMD ataupun BUMD dengan BUMN. Selain itu, program “Gerakan Sinergi BUMD” diharapkan dapat membantu terwujudnya sinergitas tersebut. “Sinergitas ini diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah dan perekonomian nasional,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Wapres mengucapkan selamat kepada para pemenang dan memacu BUMD untuk terus melakukan inovasi. “Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para peraih penghargaan TOP BUMD Awards Tahun 2020 dan berharap semakin banyak BUMD-BUMD yang berprestasi dan berinovasi pada tahun-tahun mendatang,” pungkas Wapres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here